Skip to main content

6 Makanan & Minuman Yang Membuat Gigi Rusak

Kita semua pernah mengalaminya. Kita makan sesuatu berwarna ungu gelap, dan saat bercermin lidah kita jadi berwarna hitam dan gigi kita terlapisi oleh warna. Simaklah daftar teratas dari makanan dan minuman yang diketahui dapat merubah warna gigi, dan cobalah untuk berkumur dan menggosok gigi setelah mengonsumsinya. Jika itu tidak memungkinkan, gunakan air untuk membilasnya keluar dari mulutmu.

PENGOTOR GIGI #1: Es Lilin Jingga

Berlaku juga untuk yang berwarna ungu, merah dan biru. Makanan seperti es lilin yang warnanya berasal dari zat pewarna dapat mengotori gigi. Ingatlah pedoman ini: Jika ia dapat mengubah warna lidahmu maka ia juga dapat mengubah warna gigimu, hanya saja dengan cara yang lebih tersembunyi.

PENGOTOR GIGI #2: Berry Berwarna Gelap

Mulai blueberry hingga raspberry dan cranberry, kesemua berry ini dapat mengotori gigimu. Namun ini bukanlah alasan untuk menghindari superfood yang kaya akan antioksidan ini. Cukup pastikan untuk berkumur dengan air setelah mengonsumsi buah-buahan ini. 

PENGOTOR GIGI #3 Wine

Ya, red wine juga merupakan salah satu tersangka -- tapi tahukah kamu bahwa white wine, dengan kandungan tannin-nya, juga dapat mengubah warna gigimu? Pastikan untuk menghentikan konsumsi wine 30 menit sebelum rutinitas menggosok gigi-flossing-berkumur pada malam hari untuk hasil terbaik.

PENGOTOR GIGI #4 Saus

Bumbu berwarna gelap dan mengandung gula dengan rempah-rempah seperti kari, cumin dan turmeric dapat mengotori gigimu seiring waktu. Pastikan untuk berkumur dan menggosok gigi sehabis makan makanan yang mengandung saus. Jika itu tak memungkinkan, minumlah air guna menyingkirkan partikel makanan yang dapat mengotori gigi. 

PENGOTOR GIGI #5 Kopi

Kamu tak perlu berhenti minum kopi hanya karena dapat mengotori gigi--cukup masukkan es dan gunakan sedotan untuk meminumnya.

PENGOTOR GIGI #6 Soda

Dengan atau tanpa gula, soda dapat mengubah warna gigi dan senyummu. Soda tidak bersahabat bagi mulutmu dan harus dihindari.