Skip to main content

Bagaimana Proses Pemutihan Gigi ?

Noda pada gigi dibagi menjadi dua: noda luar, yang umumnya disebabkan oleh kebiasaan seperti merokok, minum kopi dan malas merawat mulut; dan noda dalam yang menjangkau ke email, yang dapat disebabkan oleh trauma pada mulut, obat-obatan serta proses penuaan alami. 

Kamu dapat memutihkan gigimu dengan menyingkirkan atau memutihkan noda luar. Ada sebagian tindakan yang cukup kuat untuk menjangkau jauh ke dalam email gigi guna memicu reaksi kimia yang menguraikan komposisi noda, tergantung pada konsentrasi dari whitening agent yang digunakannya. Reaksi ini disebut oxidation. Jika konsentrasinya tidak cukup tinggi, maka produk tersebut hanya memutihkan bagian permukaan saja.

Whitening Profesional Oleh Dokter Gigi 

Keuntungan dari tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi adalah mulutmu biasanya dibersihkan secara menyeluruh dan diperiksa sebelum tindakan dilakukan. Tindakan profesional biasanya menggunakan hydrogen peroxide. Prosedur ini umumnya dilakukan dengan cara mengoleskan peroxide gel, menghapusnya lalu mengoleskannya lagi sebanyak beberapa kali. Tindakan whitening profesional dapat menjadikan gigimu empat hingga enam langkah lebih putih. Keuntungan lainnya dari tindakan profesional adalah gusi dan mulutmu tetap terlindung saat gigimu menjalani proses whitening. Ini kerap menjadi pilihan whitening termahal, namun efeknya juga bertahan paling lama.

Whitening Rumahan Dengan Bantuan Dokter Gigi

Produk-produk whitening rumahan juga menggunakan peroxide gel serta bahan-bahan lainnya termasuk flavoring agent, air dan glycerin. Dokter gigi akan membuat cetakan mulutmu lalu membuat replikanya saat membuat penampan yang disesuaikan. Kamu diberi sebuah gel untuk dioleskan pada gigi lewat penampan dan diinstruksikan untuk memakai penampan selama beberapa jam sehari selama satu atau dua minggu. 

Whitening Rumahan

Saat melakukan whitening rumahan, sebaiknya periksakan mulutmu terlebih dulu ke dokter gigi guna mendeteksi dan mengobati masalah yang mungkin ada sebelum mengaplikasikan produk whitening. Seperti yang telah disebutkan, sebagian besar whitener rumahan menggunakan hydrogen peroxide, meski konsentrasi zat kimianya mungkin tak sebanyak dengan yang digunakan pada whitening profesional. Solusi kimia ini dapat berbentuk gel, permen karet, strip, atau pasta gigi. 

Mereka Yang Tak Dianjurkan Melakukan Whitening 

Whitening bukanlah solusi bagi semua orang namun jika kamu memiliki pertanyaan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter gigi sebelum menggunakan produk whitening apapun pada gigimu.