Skip to main content

Efek Samping Pemutihan Gigi

Seperti kebanyakan hal, ya, melakukan whitening secara berlebihan itu tidaklah baik. Rutinitas menggunakan whitening gum, pasta gigi, penampan rumahan dan whitening strip dapat menjadikan gigi tampak sedikit lusuh, namun dapat cepat mengembalikan kilaunya. Tanda-tanda yang menunjukkan kamu melakukan whitening berlebihan di antaranya gigi tampak pucat atau terdapat bercak putih. Salah satu cara yang disarankan oleh dokter gigi untuk mengukur kadar putih yang kamu mau adalah melihat warna putih pada matamu dan menjadikannya patokan untuk kadar putih yang tepat untuk teeth whitening-mu. 

Kapan Kamu Harus berhenti

Tergantung dari kebersihan mulut dan pola makanmu (cth: minum kopi dan red wine), kamu perlu melakukan tindakan whitening rumahan dengan jeda 6, 12 dan 18 bulan. Kenapa whitening berlebihan dapat menimbulkan masalah? Peroxide dalam whitening agent dapat menyebabkan kerusakan sel, seperti gingivitis dan oversensitivitas pada gusi. Menggunakan strip rumahan secara berlebihan juga dapat mempertipis lapisan luar pada gigi yang disebut email. 

Sekadar Saran

Warna alami gigi bukan putih seperti tulang, melainkan lebih menyerupai putih. Pilihlah warna yang sama dengan warna putih pada matamu dan jangan menargetkan kadar putih yang lebih dari itu.