Skip to main content

Title

Kenapa Dentin Sama Pentingnya Dengan Email Gigi

Jika membahas gigi, kita perlu banyak membahas email dan mengapa kita harus melindunginya, namun mungkin kamu belum tahu alasannya. Untuk menjaga gigi tetap putih berkilau? Untuk mencegah gigi berlubang? Kedua jawaban ini BENAR, tapi ada jawaban yang lebih penting lagi: Jika kamu tidak merawat email, dentinmu akan jadi terekspos.

dentin

Jika email merupakan bintang utama, maka dentin adalah aktor pendukungnya. Terletak di bawah emailmu, dentin terdiri dari lapisan sensitif dari jaringan hidup dan tubules yang berkomunikasi dengan saraf gigi. Saat gusimu tertarik mundur dan dentin menjadi terekspos, benda-benda yang awalnya tidak menyakiti gigimu kini akan terasa sangat sakit. Itu karena dentinal tubules mengizinkan benda-benda seperti sup panas atau es krim dingin untuk menstimulasi saraf pada gigimu secara langsung, yang mengakibatkan rasa sakit yang kita sebut sebagai gigi sensitif.

Kini karena kamu sudah tahu, jangan lupakan dentinmu! Rawatlah email dengan menggosok gigi dengan lembut, menghindari makanan asam dan mencegah mulut kering dan kamu akan menyelamatkan dentinmu.