Skip to main content

Title

Cara Melindungi Enamel Gigi?

Email itu layaknya teman yang tidak kamu hargai sampai akhirnya ia pergi. Email melindungi gigi dari panas dan dingin, jadi yang bisa kamu lakukan setidaknya adalah melindunginya dari erosi dan gigi sensitif. Namun jika kamu mengabaikannya, email akan hilang dan takkan pernah kembali lagi hingga menyebabkan dentin sensitifmu terekspos. Jadi bersahabatlah dengan emailmu dan mulailah melindunginya dengan langkah-langkah mudah ini.

Tempat yang baik untuk memulai adalah mewaspadai makanan dan minuman asam yang kamu konsumsi, dan batasi jumlah asupannya. Makanan seperti buah sitrus dan tomat atau minuman seperti kopi dan jus jeruk akan mengikis emailmu. Cobalah mengonsumsinya hanya pada saat makan, lalu segera bersihkan mulutmu dengan air guna membantu melindungi emailmu. Kalau bisa, minumlah segelas susu atau sepotong keju sebagai pencuci mulut guna menetralisir asam dari makanan. Jika kamu memilih gosok gigi, tunggu setidaknya 1 jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam. Asam dapat melunakkan email, yang dapat mengakibatkan gosok gigi terasa lebih sakit dibandingkan menjaga gigimu. Dan jika kamu suka minum minuman asam di luar, jangan lupa untuk selalu menggunakan sedotan.

Makanan itu penting, tapi tahukah kamu bahwa hanya dengan memiliki mulut kering dapat meningkatkan kadar asam dalam mulutmu? Air liur dan cairan lainnya dapat menyingkirkan asam yang dihasilkan bakteri dan melindungi gigimu. Memiliki mulut kering alami? Ingatlah untuk selalu menyediakan air di dekatmu dan teruslah minum sepanjang hari. Permen karet bebas gula juga baik untuk mulut kering karena membuatmu memproduksi air liur serta menyegarkan napas.

Terakhir, pastikan rutinitas perawatan oralmu membantu gigimu, bukan merusaknya. Selalu gunakan sikat gigi yang lembut, dan jangan menggosok terlalu keras.