Skip to main content

Title

Menggertakan Gigi

Tak peduli seberapa rajinnya kamu merawat gigi sepanjang hari, terdapat kondisi umum yang dapat merusak gigimu pada malam hari: menggertakkan gigi Kamu mungkin sama sekali tak sadar saat melakukannya, tapi jika kamu sudah mengetahui gejalanya mungkin kamu akan terkejut.

Menggertakkan gigi di malam hari dapat menimbulkan gejala-gejala yang sangat samar. Kebanyakan orang menyadari saat mereka terbangun dengan rahang sakit dan nyeri. Mereka juga sering mengalami sakit kepala membandel sepanjang hari. Dan karena gejala-gejala ini kerap terabaikan, menggertakkan gigi pada malam hari terus berlanjut dan gigi mengalami banyak kerusakan tak terlihat.

Menggertakkan gigi (disebut juga bruxism) adalah salah satu cara tubuh kita bereaksi terhadap stres, dan jika tidak diatasi maka dapat menyebabkan gigi sensitif yang parah, yang akan terasa sakit dan tegang. Kerusakannya terjadi perlahan seiring waktu: menggertakkan gigi menghasilkan retakan-retakan kecil pada email gigimu. Lambat laun dentin, lapisan sensitif di bawah email, menjadi terekspos dan menjadikan gigimu rentan terhadap suhu panas dan dingin. 

Jangan biarkan satu masalah menimbulkan masalah lain. Jika kamu merasa mungkin menggertakkan gigimu, kunjungilah dokter gigi agar ia dapat memeriksa tanda-tandanya dan mungkin akan memberimu night guard. Ini akan menolongmu dan gigimu agar dapat tidur dengan nyenyak.