Skip to main content

Title

Hobi Nyanyi? Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut!

hobi-nyanyi-yuk-jaga-kesehatan-gigi-dan-mulut.png

Noda kuning, rasa ngilu, dan bau nggak sedap, bisa jadi masalah kesehatan gigi dan mulut yang bikin kamu jadi minder. Apalagi buat kamu yang punya hobi nyanyi, karena bisa bikin nggak pede untuk menunjukkan kemampuan vokal di depan orang lain. Gara-gara masalah ini, mungkin kamu jadi cuma berani nyanyi di dalam kamar mandi atau bahkan nyanyi sendirian di depan cermin. Tapi itu masa lalu, sekarang saatnya tunjukkan kemampuan bernyanyi di depan banyak orang!

Untuk tampil lebih pede saat bernyanyi, selain latihan penting buat kamu untuk merawat gigi dan mulut supaya terjaga kesehatannya. Coba deh, kalau misalnya ada noda kuning di gigi, kualitas vokal bakal kurang maksimal karena kamu nggak berani membuka mulut dengan bebas. Belum lagi, kalau ada gigi yang berlubang. Rasa ngilu pun bisa datang saat bernyanyi. Hal ini malah bikin kamu nggak fokus untuk menunjukkan kemampuan vokal yang terbaik.

Tapi tenang dulu, kamu bisa kok wujudkan mimpi kamu jadi penyanyi berbakat dengan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ikuti tipsnya di bawah ini!

  • Minum Air Mineral

Mulai sekarang, kurangi kebiasaan minum soft drink atau alkohol. Ganti dengan lebih banyak minum air mineral, soalnya air minum ini bisa bantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak saliva (air liur) yang bantu membasmi kuman penyebab plak dan bau mulut. Selain itu, konsumsi air mineral juga bisa bantu menjaga kondisi pita suara tetap dalam keadaan prima, lho.

 

  • Makan Buah dan Sayur

Kandungan serat dan air yang ada dalam apel, pir, atau wortel juga bisa bantu melawan bakteri yang menyebabkan noda kuning dan bau mulut nggak sedap. Saat kamu mengunyah buah dan sayur ini, produksi air liur jadi semakin bertambah untuk melawan bakteri jahat di dalam mulut. Jadi, melahap buah dan sayur bisa menjadi salah satu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Supaya kualitas vokal kamu tetap terjaga, buah dan sayur harus kamu konsumsi setiap hari. Kandungan vitamin A, E dan C di dalamnya bisa bantu menjaga kondisi tenggorokan tetap sehat.

 

  • Hindari Konsumsi Makanan Pedas

Makanan yang pedas itu bisa memicu datangnya bau mulut, jadi sebisa mungkin dikurangi atau lebih baik dihindari kalau setelahnya kamu bakal tampil bernyanyi. Selain itu, jenis makanan ini juga berisiko membuat tenggorokan iritasi, yang bisa mengurangi kualitas vokal.

 

  • Menyikat Gigi dan Lidah

Rajin menyikat gigi dan lidah minimal dua kali sehari, bisa bantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Supaya, bakteri penyebab plak dan bau mulut yang berkembang biak di sela-sela gigi dan lidah bisa dibasmi. Nggak mau kan, lagi asyik nyanyi terus orang-orang di sekitar pada menjauh gara-gara bau mulut?

 

  • Berkumur dengan Mouthwash

Tapi menggosok gigi dan lidah dengan teratur, belum efektif dalam melawan kuman penyebab plak dan bau mulut. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa berkumur dua kali sehari setelah menyikat gigi dengan menggunakan mouthwash LISTERINE®, yang telah teruji klinis dan direkomendasikan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Jadi, jangan biarkan kondisi mulut yang kotor dan bau menghalangi kamu buat menampilkan kemampuan vokal.  

Tampil lebih pede nyanyi di depan banyak orang, bisa dimulai dengan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sambil merawatnya dengan teratur, latih kemampuan vokal setiap ada acara di rumah, kampus, kantor, atau bahkan di resepsi pernikahan mantan. Semua cobaan dan tantangan selama latihan ini, bikin kamu makin percaya diri dalam menguasai panggung saat bernyanyi. Semangat!