Skip to main content

Cara Mencegah Kerusakan Gigi

Untungnya, gigi berlubang (lubang yang dapat terbentuk ketika enamel dirusak selama jangka waktu yang lama) dapat dicegah. Ikuti tip-tip ini untuk menghindari gigi berlubang serta biaya perbaikan gigi yang mahal.

TIP #1: Temui Dokter Gigimu

Jangan sungkan berkunjung ke dokter gigi jika ingin menghindari gigi berlubang. Membersihkan gigi secara rutin sedikitnya enam bulan sekali dapat membantu mencegah kebusukan gigi sebelum berkembang menjadi gigi berlubang, dan jika perlu, dokter gigimu dapat membubuhkan fluoride pada tempat-tempat yang bermasalah guna mencegah gigi busuk dan berlubang.

TIP #2: Menggosok Gigi dengan Fluoride

Pilihlah pasta gigi dengan fluoride sebagai bahannya karena ini dapat melindungi gigi dari gigi busuk dan berlubang. Jika kamu peduli dengan email gigimu, gosoklah gigi lebih dari dua kali sehari dan mulailah menggosok setiap sehabis makan guna menyisihkan gula dan pati yang dapat berubah menjadi asam serta menambah lapisan pelindung ekstra dari gigi busuk dan berlubang.

TIP #3: Berkumur dengan Fluoride

Kamu juga dapat menggunakan obat kumur seperti LISTERINE® TOTAL CARE Anticavity Mouthwash dan LISTERINE SMART RINSE® Anticavity Mouthwash yang mengandung fluoride pelindung gigi guna menjaga gigimu tetap kuat dan menghindari gigi berlubang.

TIP #4: Kurangi Ngemil

Cobalah kurangi frekuensi mengemil dalam satu hari, dan pilihlah makanan yang dapat memperkuat dan baik untuk gigi. Saat kamu mengonsumsi makanan atau minuman selain air, ini mengizinkan bakteri untuk menghasilkan asam yang akan merusak email gigi. Batasi jumlah asam yang merusak gigi dengan mengurangi frekuensi ngemil dalam satu hari. Jika kamu mengkhawatirkan kesehatan gusi, cobalah menggosok gigi dan berkumur dengan LISTERINE® Anticavity mouthwashes dua kali sehari. Jika produk-produk tersebut tidak tersedia, cobalah untuk setidaknya berkumur dengan air.