Skip to main content

Perawatan Gigi pada Bayi

Sejumlah gigi pertama yang tumbuh pada anak-anak disebut gigi bayi, dan akan tertanam dengan kuat saat mereka mencapai usia 3 tahun. 20 gigi muda ini akan bertahan hingga usia 5, setelah itu mereka akan mulai rontok satu per satu dan digantikan oleh gigi dewasa yang permanen.

Gigi bayi ini memiliki akar lebih pendek dan akan rontok untuk digantikan oleh gigi permanen. Umumnya saat anak mencapai usia 13 tahun ia tak lagi memiliki gigi bayi karena telah berganti menjadi 28 gigi permanen. Setelah itu, di usia 17 dan 25 tahun empat gigi bungsu juga akan timbul di bagian belakang mulut.

Gigi bayi berbeda dengan gigi permanen karena warnanya lebih putih (gigi permanen dewasa secara alami berwarna lebih kekuningan). Perbedaan gigi bayi lainnya adalah lapisan luarnya yang bernama email, serta lapisan dentinnya lebih tipis dan lemah, dan pulp-nya relatif lebih besar dibandingkan ukuran gigi keseluruhan, jadi bila seorang anak memiliki gigi berlubang, maka akan jauh lebih cepat menyebar ke saraf gigi. Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi kebusukan gigi lebih awal dan menjaganya agar tidak menyebar. Ingatlah bahwa kerusakan seperti tartar (yang merupakan tingkat lanjutan dari plak), hanya dapat diatasi oleh dokter gigi dengan menggunakan peralatan profesional mereka.