Skip to main content

5 Makanan Untuk Gigi Lebih Kuat Dan Kokoh

Email gigi adalah jaringan terkuat dari seluruh tubuh manusia. Jagalah lapisan keras yang melapisi gigi dengan memasukkan berbagai makanan yang dapat menguatkan gigi ini ke dalam menu makananmu.

#1 Keju

Produk hasil peternakan seperti keju kaya akan kalsium yang dapat memperkuat gigi dan tulang. Produk hasil peternakan seperti keju dan susu juga mengandung casein protein yang menstabilkan serta memperbaiki email gigi. Tidak semua produk keju mengandung kalsium tinggi, jadi pastikan untuk memeriksa labelnya untuk melihat berapa persentase dari rekomendasi jumlah kalsium harian yang diberikan pada setiap penyajian.

#2 Sayuran Hijau

Bayam dan sayuran hijau lainnya banyak mengandung serat yang sangat baik untuk gigi karena membuatmu banyak mengunyah dan itu akan menghasilkan air liur yang membersihkan dan mencuci gigi, selain juga menetralkan asam. Tak suka sayuran? Semangkuk kacang berserat tinggi memberikan khasiat yang sama.

#3 Salmon Liar

Ikan penuh lemak ini kaya akan omega-3 dan merupakan sumber vitamin D yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium, sehingga mineral dapat melakukan tugasnya yaitu melindungi dan memperkuat gigi.

#4 Teh Hijau

Ramuan obat ini kaya akan khasiat yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian berkat antioksidannya yang tangguh dalam melawan bakteri dan penyakit, dan berfungsi mencegah plak menempel pada gigi. Teh juga umumnya mengandung fluoride yang mencegah kebusukan gigi serta memperkuat email. Bila teh hijau terlalu pahit untukmu, cobalah menggantinya dengan teh hitam yang lebih halus yang memberi perlindungan serupa pada gigi dan gusi.

#5: Wortel

Wortel mentah, sayur mayur dan buah-buahan mentah lainnya yang perlu banyak mengunyah untuk mengonsumsinya seperti apel, pir dan mentimun, kesemuanya dapat memperkuat gigimu. Mengunyah juga menghambat bakteri dalam memenuhi plak serta membersihkan gigi dan gusi.