Skip to main content

Hindari 6 Makanan dan Minuman yang Merusak Gigi Ini

The main cause of cavities, which are basically holes in the teeth, is the acid that sits on the teeth and wears away enamel over time. Foods, from sugary sweets to starchy carbs, dissolve into sugars that turn into corrosive acid in the mouth, attacking teeth and weakening their strong veneer. To keep your teeth strong and your enamel intact, avoid these harmful foods, or, when you absolutely must indulge, be sure to rinse twice daily with a plaque-clearing LISTERINE® mouthwash and/or brush your teeth.

#1 Permen Keras

Seperti yang bisa kamu tebak, permen manis sekeras batu yang kamu isap dalam waktu lama atau dipecah menjadi potongan-potongan kecil menggunakan gigimu, membuat lekukan yang serius dalam enamel dan membahayakan kesehatan mulutmu. Permen sarat gula yang menempel di gigi dan perlu waktu lama untuk cair akan memaparkan gusi dan gigi ke gula yang merusak.

#2 Minuman Asam

Jus, minuman olahraga dan semua minuman soda (termasuk jenis diet) yang kaya gula dan asam adalah berita buruk bagi gigimu. Jika kamu ingin minum sesuatu selain air, carilah merek yang tidak memiliki gula tambah, atau tambahkan sedikit buah atau sayuran seperti semangka atau mentimun ke dalam air putih biasa untuk rasa yang menyegarkan namun tidak merusak. Kamu juga bisa menambahkan air di minuman jus agar mengurangi bahayanya pada gigimu.

#3 Kue

Makanan ini, termasuk makanan manis lainnya yang sarat gula akan menjadi masalah untuk gigimu. Makanan yang lengket adalah musuh terburuk bagi gigi. Bahkan buah-buahan kering seperti aprikot kering dapat mengganggu enamel gigi. Makanan yang mudah lengket di gigi dan tersangkut di antara gusi dan gigi membuat gula dapat menyerang enamel dan sulit dibersihkan. Batasi makan yang manis-manis. Jika kamu tidak bisa menahannya, gosok gigimu setelahnya untuk meminimalkan kerusakan. Juga ingatlah untuk berkumur dua kali sehari dengan LISTERINE® mouthwash.

#4 Pasta

Makanan dengan zat tepung seperti pasta, nasi dan bahkan kentang dapat merusak gigi. Hal ini karena saat dicerna makanan ini berubah menjadi zat gula penghasil asam yang akan mengikis enamel gigi.

#5 Es

Mengunyah es dan zat keras lainnya dapat meretakkan enamelmu sehingga membuat gigi terpapar. Hindari juga kebiasaan berbahaya lainnya yang melibatkan mulutmu, misalnya membuka botol dan kantong keripik dengan gigi.

#6 Kacang Keras

Selain dapat meretakkan enamel, mengunyah kacang keras juga bisa merusak gigi implan, gigi palsu dan kawat gigi. Jika kacang sangat keras, makanlah kacang yang berukuran lebih kecil alih-alih seluruh kacang, atau makanlah kacang yang digiling di mentega dan selai, misalnya selai kacang.