Skip to main content

Apakah Kamu Mengalami Pengikisan Enamel?

Enamel adalah permukaan terkeras di tubuhmu. Enamel seharusnya keras dan kuat, tapi makan makanan yang sangat asam atau minum minuman asam dapat mengikis enamel dari waktu ke waktu. Jika kamu merasa kesulitan saat menggigit sayuran mentah dan keras seperti wortel, periksa gejala berikut ini untuk tahu apakah email gigimu mungkin telah terkikis sehingga gigimu rentan pecah, retak atau berlubang.

TANDA #1: Lekukan pada Gigi

Jika kamu mulai melihat lekukan pada gigimu yang biasa disebut cupping oleh dokter gigimu, tandanya email gigimu mungkin telah terkikis.

TANDA #2: Gigi Berwarna Kekuningan

Gejala lain yang menandakan enamel terkikis adalah adanya warna kekuningan pada gigi. Hal ini terjadi ketika ada lebih banyak dentin (atau jaringan tulang keras dan padat yang membentuk sebagian besar gigi di bawah enamel) yang terlihat pada gigi (dentin memiliki warna kekuningan alami).

TANDA #3: Gigi Pecah

Jika kamu melihat adanya potongan dan retakan kecil di gigimu, ini bisa menjadi tanda lain dari pengikisan enamel gigi. Gigimu menjadi lemah dan kurang mampu menggigit dan mengunyah tanpa mengoyaknya.

TANDA #4: Sensitif

Jika gigimu menjadi lebih sensitif dari waktu ke waktu, terutama pada suhu ekstrem seperti menghirup udara dingin atau minum minuman seperti teh dan kopi panas atau air es dingin, ini bisa menjadi sinyal bahwa enamelmu sedang dikikis, membuat gigimu lebih rentan kerusakan. Kamu juga mungkin merasa nyeri singkat ketika makan makanan yang sangat manis, yang berasal dari gigimu yang melemah.