Skip to main content

Title

5 Tips Memulai Bisnis Artisanal Food

5-tips-memulai-bisnis-artisanal-food.png

Artisanal food, sekarang banyak dilirik menjadi bisnis yang menarik untuk anak-anak muda. Buat kamu yang punya passion di bidang kuliner dan ingin menggeluti bisnis ini, jangan pernah menyerah untuk mencoba, meski harus berkali-kali melakukan food testing dan meracik resep. Dengan semakin sering mencicipi rasa makanan kreasimu, pastinya bisa membantumu meracik resep yang pas. Tapi, sayangnya saat kamu sering melakukan food testing, bisa berisiko menyebabkan plak semakin menumpuk, bila kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga. Bila dibiarkan, ini bisa menyebabkan masalah seperti gigi berlubang, radang gusi, dan juga bau mulut. Makanya, kamu butuh berkumur dengan mouthwash, sebagai salah satu cara menghilangkan plak pada gigi.

Dengan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, juga membuat napas tetap segar, pastinya bisa membuatmu lebih nyaman untuk melakukan food testing, dan juga bantu kamu lebih pede saat bertemu calon pelangganmu. Sambil memantapkan diri tampil lebih percaya diri, kini waktunya menjalankan satu per satu langkah mewujudkan bisnis artisanal food impianmu. Tips-tips berikut bisa bantu kamu untuk mewujudkannya!

  • Membuat Konsep Ide Makanan

Pertama-tama, kamu bisa mulai dengan mencari ide makanan yang akan kamu buat. Sebab, konsep ide jadi yang terpenting dalam berbisnis. Kamu bisa membuat makanan lokal dengan twist rasa yang kekinian, atau bisa juga coba membuat resep makanan yang kamu adopsi dari negara lain.

  • Menentukan Target Market

Setelah mendapatkan ide makanan yang akan kamu jual, kini waktunya menentukan target market. Apakah itu anak-anak muda, orang tua, atau semua kalangan dari berbagai usia. Hal ini bisa dijadikan acuan untuk menentukan strategi pemasarannya nanti.

  • Membuat Konsep Branding

Yang menarik dari produk artisanal adalah proses pembuatan produknya yang dilakukan secara terbatas dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Hal ini bisa kamu sampaikan kepada calon pelanggan melalui tag line produk, atau lewat kisah di balik pembuatan produk pada label kemasan. Dengan begitu, produk makanan ini bisa memiliki keunikan dan nilai jual yang lebih menarik di mata pembeli.

  • Mengurus Izin

Berikutnya, kamu harus mendapatkan izin untuk usaha kamu. Periksa syarat dan ketentuan hukum yang berlaku saat membuka bisnis makanan. Ini misalnya, bisa didapatkan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan di daerahmu. Dengan mendapatkan izin dari pemerintah, berarti kamu bisa menjamin produk makanan yang ditawarkan itu aman dan berkualitas.

  • Berjualan di Tempat yang Tepat

Saat baru merintis bisnis artisanal food, mungkin kamu belum punya modal yang cukup untuk membuka gerai atau booth di kawasan komersial. Jadi, kamu bisa mulai menjual produk makananmu secara online, atau mencoba berjualan di pop up market yang sering digelar di kotamu. Supaya makin pede bertemu langsung dengan calon pembeli di acara ini, kamu perlu melakukan beberapa cara menghilangkan plak pada gigi supaya bisa lebih pede menunjukkan senyum terbaikmu. Dengan senyum yang lebar dan penuh percaya diri, bukan tidak mungkin mereka tertarik untuk membeli dan bahkan jadi pelanggan setiamu.

Nah, supaya lebih siap lagi untuk menjalankan bisnismu, lakukanlah cara menjaga kesehatan gigi dengan tepat. Sebab, masalah kesehatan yang timbul pada gigi dan mulut, bisa mengganggu aktivitasmu dalam merancang ide bisnis yang sesuai dengan passion-mu ini.

Kesehatan gigi bisa makin terjaga, dengan cara berkumur menggunakan mouthwash  LISTERINE® Tartar Control setelah menggosok gigi. Ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan plak pada gigi yang bisa menyebabkan warnanya menguning, karena mengandung ion zinc dan formula unik dari 4 minyak esensial. Dengan senyuman penuh percaya diri dan keyakinan di hati, bersiaplah untuk memulai bisnis impianmu!