Skip to main content

Title

4 Cara Menghilangkan Plak pada Gigi untuk Penikmat Kopi

cara-menghilangkan-plak-pada-gigi-untuk-penikmat-kopi

Menyeruput secangkir kopi di pagi hari, mungkin jadi salah satu ritual sebelum mulai kerja atau kuliah, ya? Kopi memang bisa jadi teman setia, yang membuat kamu semangat untuk menjalani hari. Tapi, ternyata minuman yang beraroma kuat dan berwarna pekat ini lebih berisiko menyebabkan plak, yang bisa membuat noda kuning di gigi. Nah, cara menghilangkan plak pada gigi, tidak cukup hanya dengan menggosok gigi saja. Kamu sebagai penikmat kopi, perlu mengubah kebiasaan dalam menjaga kesehatan gigi, mulai tahun ini.

Kenapa sih, kopi itu bisa menyebabkan plak dan membuat warna putihnya jadi pudar? Salah satu penyebabnya adalah kandungan senyawa asam yang ada di dalam kopi. Larutan kopi yang mengandung unsur asam, lebih mudah masuk dan terperangkap di dalam email gigi yang terdiri dari lapisan kristal berpori. Jika dibiarkan, bisa berubah menjadi plak, akibat bakteri yang hidup di dalam mulut.

Buat kamu penggemar kopi, masalah pada gigi seperti plak dan warna gigi yang kekuningan, bisa jadi hal yang paling sering dialami. Daripada memilih berhenti menikmati kopi, lebih baik atasi dengan melakukan hal sederhana ini:

  • Kurangi Minum Kopi

Berapa kali kamu minum kopi dalam sehari? Mungkin untuk setiap harinya, kamu bisa kurangi konsumsinya menjadi dua kali saja sehari. Misalnya satu cangkir di pagi hari, dan satu cangkir lagi di sore atau malam hari. Dengan cara ini, kamu bisa meminimalisir terbentuknya plak akibat sisa minuman kopi yang tertinggal di lapisan email gigi.

 

  • Lebih Sering Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur seperti apel, pir, dan wortel, tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan plak pada gigi. Sebab, saat kamu mengunyah buah dan sayur yang kaya serat, dapat memicu produksi saliva (air liur) di dalam mulut. Banyaknya saliva yang muncul, bisa bantu menetralisir unsur asam dari sisa kopi yang tertinggal di sekitar gigi. Jadi, setelah makan atau saat ngemil, jangan lupa untuk melahap buah dan sayur, ya.

 

  • Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Sama seperti mengunyah apel, mengunyah permen karet bebas gula juga dapat meningkatkan produksi saliva di dalam mulut, yang tugasnya membunuh bakteri penyebab plak. Permen ini jadi salah satu sahabat baik buat kamu yang hobi minum kopi.

 

  • Berkumur dengan Mouthwash

Cara lain yang nggak ribet untuk bantu menghilangkan plak gigi, yaitu dengan rutin berkumur minimal dua kali sehari setelah menyikat gigi. Mouthwah LISTERINE® Fresh Citrus, bisa jadi andalan kamu untuk berkumur. Kandungan antiseptik dan rasa buahnya yang segar, dapat bantu melawan kuman penyebab plak dan bau mulut.

Nggak sulit kan, memulai kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan gigi kamu dari bahaya bakteri penyebab plak? Jangan sampai plak gigi yang timbul akibat minuman kopi lama-lama jadi mengeras. Cara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeras sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter gigi.

Nah, menggosok gigi saja belum efektif untuk membunuh bakteri penyebab plak. Faktanya 46% orang di Indonesia, merasa memiliki plak meskipun rajin menyikat gigi dua kali sehari. Jadi, kamu bisa ikuti cara menghilangkan plak pada gigi dengan cara simpel ini, supaya bisa merasa semakin percaya diri di tahun yang baru!