Skip to main content

Title

Yakin Gusi Kamu Sehat? Cek Dulu di Sini!

listerine-yakin-gusi-kamu-sehat-cek-dulu-di-sini.png

Kalau selama ini kamu hanya fokus menjaga kesehatan gigi, mulai sekarang, berikan juga perhatian pada gusi, yang bisa dibilang merupakan “rumah” dari gigi kamu. Jika “rumah” ini tidak dirawat dengan baik, tentu ada risiko munculnya berbagai infeksi dan penyakit pada gusi kamu. Perlu dicatat bahwa penyakit gusi merupakan penyebab utama gigi tanggal. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga gusi yang seha dan terawatt. Bagaimana caranya? Nah.. kalau berdasarkan hasil konsultasi dengan drg. Okti Manessa dari Oktri Manessa Dental Care*, sebetulnya ada banyak cara untuk melihat kondisi gusi kamu saat ini!

 

Tanda Gusi Kamu (Tidak) Sehat

Apa sih tanda bahwa gusi kamu sehat atau tidak? Menurut drg. Oktri, kamu bisa melakukan pemeriksaan awal sendiri. Gusi yang sehat memiliki ciri-ciri berikut:  

  • Warna gusi kamu terlihat merah muda.
  • Gusi terasa agak kenyal saat dipegang.
  • Tekstur permukaan gusi halus.
  • Gusi tidak mudah berdarah saat kena sentuhan atau tekanan.

Kamu perlu waspada jika gusi kamu berwarna merah, agak gendut-gendut alias bengkak meradang, agak lunak saat dipegang, mudah berdarah saat kena sentuhan atau tekanan, dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap alias suka bau. Ini adalah alarm bahwa kamu harus segera mulai melakukan perawatan gigi dan gusi.

 

“Kok Warna Gusinya Hitam?”

Wah... ini kenapa ya? Warna gusinya malah bukan merah tapi agak hitam. Jadi sakit gusinya sudah parah banget ya? Eits... belum tentu. Drg. Oktri menyebutkan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan gusi menghitam; faktor dari dalam dan dari luar tubuh.

 

Faktor dari dalam terjadi karena genetik atau faktor keturunan. Jadi kalau banyak anggota keluarga kamu yang memiliki gusi berwarna hitam, kemungkinan besar kamu juga memiliki kondisi yang sama. Ini juga bisa terjadi jika kamu berasal dari ras tertentu, misalnya orang Asia (seperti orang Aceh, Ambon, Papua), Afrika, dan Mediterania kemungkinan besar memiliki warna gusi yang sesuai dengan warna kulit. Ini adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan alias normal.

 

Sementara faktor dari luar tubuh bisa berasal dari paparan benda asing, seperti efek merokok berlebihan atau tambalan gigi amalgam yang kurang baik. Pada kasus lain, gusi menghitam juga sering kali dialami oleh orang-orang yang bekerja di pabrik yang berhubungan  timbal, timah hitam (Pb), tembaga yang memiliki paparan merkuri yang cukup tinggi, seperti pekerja tambang, petugas pom bensin, atau pabrik accu.

 

Jadi, bagaimana kondisi gusi kamu saat ini? Mulai sekarang ayo berikan perawatan yang lebih tepat pada gusi demi kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Kamu bisa memaksimalkan perawatan dengan menggunakan LISTERINE® MULTI PROTECT ZERO sebanyak 10ml selama 60 detik. Produk ini terbukti secara klinis bantu merawat gusi sehat dan gigi kuat dalam tiga minggu, dengan rasa yang lebih ringan. Dengan gigi dan gusi yang sehat, saatnya kamu #BeraniTunjukinDirimu.

 

*) Drg. Oktri Manessa adalah founder dari OMDC Dental Clinic, sebuah klinik sosial yang mengusug misi sosial untuk membuat senyum masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan harga yang terjangkau. Saat ini, drg. Oktri bersama OMDC telah melayani lebih dari 12.000 pasien, serta memimpin lebih dari 30 dokter gigi dan dokter gigi spesialis dengan didukung oleh 60 inspiring team.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait