Skip to main content

Hindari 7 Hal yang Dapat Merusak Enamel Gigi Ini

Ada banyak kebiasaan harian yang dapat merugikan mulutmu, tetapi perhatikan 7 hal ini yang dapat merugikan gigi.

1. Mengunyah Pena

Kebanyakan orang kadang-kadang ingin mengunyah tutup botol soda atau botol air minum. Tapi hal ini bisa merugikan gigimu.

2. Membuka Bungkus Plastik dengan Gigi

Mulai dari bungkus keripik kentang hingga bungkus permen, kita semua menggunakan gigi untuk membukanya jika tidak ada gunting. Tapi demi kesehatan gigimu, hindari melakukan hal ini dan carilah alat selain gigimu untuk membuka bungkusnya, walaupun perlu waktu lebih lama.

3. Menggertakkan Gigi

Sebagian orang memiliki reaksi alami akan kecemasan termasuk menggertakkan gigi, baik saat terjaga ataupun tidur. Menggertakkan gigi bolak-balik serta mengerat gigi dapat mengikis gigimu. Menggertakkan juga mengikis enamel sehingga membuka pintu bagi kerusakan gigi. Jika kamu sedang mencoba menghentikan kebiasaan ini, tanyakan pada dokter apakah penahan mulut bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

4. Hindari Whitening Berlebihan

Ada banyak produk whitening tersedia di toko-toko obat yang mudah digunakan, aman dan efektif. Gunakan sedikit macam produk ini, dan gunakan sesuai anjuran. Jika kamu memutihkan gigi dengan terlalu banyak produk whitening, hal ini dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Jika kamu terkena pengikisan enamel atau memiliki gigi sensitif, whitening mungkin tidaklah baik untukmu dan dapat berpengaruh negatif pada gigi yang sudah rentan. Jika gusi, mulut atau gigimu bermasalah, periksakan ke dokter gigimu terlebih dahulu agar kamu tahu apakah perawatan whitening adalah pilihan yang aman.

5: Menindik Lidah

Memasang sepotong perhiasan lidah yang mengenai bagian dalam mulut dapat memecahkan dan memotong gigi, menyebabkan pengobatan yang mahal dan mengikis enamel.

6. Merokok

Noda pada gigi bukan hanya terlihat jelek dan tidak menarik, namun benar-benar dapat membuat gigimu lebih rentan terhadap bakteri yang merusak.

7. Obat-obatan

Bahkan obat yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa resep, misalnya obat batuk yang sarat gula dan antihistamin, dapat menyebabkan mulut kering yang pada gilirannya akan membuat gigimu rusak.