Skip to main content

Title

Siap Traveling Sendirian? Cek Persiapan Ini!

siap-traveling-sendirian-cek-persiapan-ini.png

Solo traveling bisa jadi liburan yang menantang, karena kamu mesti explore tempat yang belum dikenal sendirian. Tapi jangan takut kesepian saat liburan tanpa teman, kamu masih bisa kok ngobrol dan juga sharing cerita seru dengan traveler lain atau juga penduduk lokal. Makanya, kamu harus pede untuk mingle dan ngajak kenalan. Supaya kamu makin pede, kesegaran napas pastinya harus tetap dijaga, salah satunya dengan mengunyah permen  karet mint, yang bisa bantu tingkatkan produksi air liur untuk melawan kuman penyebab bau mulut dalam sementara waktu.

Nah, kalau kamu berani menantang dirimu untuk solo traveling, make sure segala persiapan sudah dilakukan, ya. Apa aja sih, persiapannya? Let’s check this list!

Pilih Destinasi yang Pas

Traveling sendirian berarti kamu bisa bebas pilih destinasi liburan dan juga menentukan kegiatan seru apa yang bakal dilakukan di sana. Jangan bingung untuk pilih tempat liburan seru buat solo traveling, kamu bisa cari inspirasinya di sini. Nah, waktu memilih destinasi liburan yang seru, jangan lupa juga cek keamanannya, misalnya hindari traveling ke negara atau kota yang rawan konflik dan punya tingkat kriminalitias tinggi.

Hemat Budget

Salah satu tantangan solo traveling adalah manage budget sehemat mungkin, karena kamu nggak bisa share cost dengan temanmu. Untuk penginapan misalnya, dibanding booking hotel kamu bisa cari alternatif penginapan yang lebih hemat di dompet backpacker, contohnya hostel, lodge milik penduduk lokal, atau booking via Air BnB.

Keep in Touch

Waktu traveling sendirian, pasti ada aja satu momen di mana kamu butuh banget sharing pengalaman lucu, seru, atau bahkan miris, langsung dengan temanmu. Tapi mau sharing sama siapa? Tenang, sekarang kan kamu bisa dengan mudah posting pengalamanmu di social media, dan tinggal tunggu teman-teman kasih comment. Supaya bisa keep in touch dengan mereka, better kamu langganan paket data atau cari tempat yang punya fasilitas wi-fi seperti di coffeeshop. Meski ini nggak bisa menggantikan experience ngobrol langsung secara face-to-face, minimal ini bisa bantu kamu tetap catch-up dengan teman.

Bawa Buku Favorit

Ini salah satu cara supaya kamu nggak merasa awkward saat cafe hopping sendirian. Jadi, buku bisa jadi teman setia di saat kamu lagi nggak ada teman untuk diajak ngobrol, sambil menikmati camilan atau secangkir kopi dan teh. Setelah menyeruput kopi atau teh, biasakan untuk minum air mineral. Soalnya, ini bisa bantu mencegah kuman menumpuk di gigi dan menimbulkan plak yang bisa jadi penyebab bau mulut.

Packing Smart

Nggak ada lagi jasa titip barang di koper atau backpack teman saat solo traveling. So, pastikan kamu packing as light as you can supaya nggak kena charge bagasi di pesawat. Caranya, bawa pakaian yang gampang buat di-mix-and-match, dan pilih perlengkapan mandi dengan kemasan paling kecil supaya bisa hemat space di dalam koper atau backpack. Salah satu toiletries yang wajib dibawa adalah mouthwash LISTERINE® Fresh Citrus, yang bisa bantu menjaga kesehatan gigi dan mulut juga membuat napas segar, karena kandungan 4 minyak esensial uniknya yang dapat melawan 99,9% kuman penyebab plak dan bau mulut.

Kamu juga bisa pilih obat kumur gigi LISTERINE® Fresh Citrus kemasan 80ml untuk dibawa saat traveling. Dengan kemasannya yang kecil ini, kamu bisa menyimpannya ke dalam toiletries bag dan praktis banget untuk dibawa di dalam tas.

Gimana, #BeraniTunjukinDirimu [D3] buat solo traveling? Pede aja, bahwa kamu bisa survive liburan meski cuma pergi sendiri. Yang penting kamu make sure segala persiapan sudah dilakukan, termasuk membawa mouthwash LISTERINE® yang bisa bantu melawan kuman penyebab bau mulut. Have fun!