Skip to main content

Title

Berani Hiking ke Puncak Tertinggi Indonesia? Lakukan Persiapan Fisik Ini

listerine-berani-hiking-ke-puncak-tertinggi-indonesia-lakukan-persiapan-fisik-ini.png

Punya hobi hiking? Mungkin, sekarang saatnya kamu tantang dirimu buat mendaki ke tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia! Mulai dari gunung Kerinci, Semeru, Bukit Raya, Latimojong, Binaya, Rinjani, dan juga Carstenzs. Ini bisa jadi petualangan yang seru, karena medan pendakiannya yang menantang adrenalinmu. So, it’s better to be prepared, dengan menyiapkan kondisi fisik kamu. Merawat kesehatan gigi dan mulut termasuk salah satu persiapan fisik yang nggak boleh dilupakan, supaya kamu tetap fokus mendaki sampai puncak tertinggi tanpa gangguan sakit gigi.

Mau tahu, persiapan fisik lainnya yang wajib dilakukan sebelum menaklukan puncak gunung tertinggi yang dijuluki the seven summits of Indonesia ini? Simak di sini, yuk!

listerine-berani-hiking-ke-puncak-tertinggi-indonesia-lakukan-persiapan-fisik-ini-1.jpg

Dengan tetap bernapas teratur saat mendaki, kamu bisa menjaga pasokan oksigen dalam tubuh tetap terjaga untuk mencegah kelelahan dan berkurangnya konsentrasi. Apalagi, oksigen yang kita hirup untuk bernapas akan semakin menipis bersamaan dengan tingginya pendakian. Jadi, kamu butuh melakukan jenis olahraga kardio seperti jogging atau berenang dengan rutin, misalnya setiap dua hari sekali. Atau, kamu juga bisa melakukan jenis olahraga lain yang bisa melatih pernapasan dengan cara lebih fun, misalnya zumba.

Latihan Kelenturan dan Ketahanan Otot

Supaya berhasil melewati jalur pendakian yang terjal dan berliku, pastinya kamu membutuhkan kelenturan dan ketahanan otot yang tangguh, terutama otot kaki dan pundak. That’s why, kamu perlu rutin melakukan latihan berikut ini:

Legs Exercises

listerine-berani-hiking-ke-puncak-tertinggi-indonesia-lakukan-persiapan-fisik-ini-2.jpg

Untuk melatih otot kaki dan paha kamu bisa bersepeda, squat, dan juga lari. Supaya latihan lari lebih maksimal, bisa juga pilih rute di area yang menanjak dan diselingi dengan naik-turun tangga di taman. Otot kaki yang kuat juga penting untuk membantumu turun dengan selamat dari puncak, karena saat turun kaki menopang beban yang lebih berat.

Back Exercises

listerine-berani-hiking-ke-puncak-tertinggi-indonesia-lakukan-persiapan-fisik-ini-3.jpg

Latihan ini gunanya untuk memperkuat otot pundak dan punggung yang bakal menerima beban berat saat membawa carrier. Misalnya, kamu bisa melakukan push-up, pull-up, angkat beban di gym, atau bahkan latihan yoga.

Dengan melakukan latihan yang rutin, pastinya bisa memperkuat fisik kamu dan membantumu mengatasi rasa takut untuk menaklukan puncak gunung tertinggi di Indonesia. Supaya persiapan fisik lebih optimal, kamu perlu melakukan latihan-latihan ini mulai dari satu bulan sebelum pendakian. Tapi perlu diingat, latihan sebaiknya jangan dilakukan setiap hari, ya. Ini supaya otot-otot tubuh kamu bisa istirahat dan pulih.

Nah, jangan cuma kesiapan tubuh aja yang diperhatikan, kesehatan gigi dan mulut juga harus terus dijaga sebelum hiking. Selain menyikat gigi, kamu juga butuh berkumur menggunakan LISTERINE® MULTI PROTECT ZERO. Mouthwash yang rasanya ringan di mulut ini, memiliki kandungan 4 minyak esensial yang terbukti dapat melawan 99,9% kuman penyebab plak, merawat gigi lebih kuat dan gusi sehat dalam 3 minggu.

Ayo, #BeraniTunjukinDirimu untuk memulai petualangan baru mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia, dengan cara melakukan persiapan fisik ini dan juga menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dare to seek out a new adventure!