Skip to main content

Title

Berani Cicipi 5 Makanan Favorit Indonesia Ini?

berani-cicipi-5-makanan-favorit-indonesia-ini-2.jpg

Kaya bumbu adalah salah satu ciri khas makanan Indonesia. Bumbu-bumbu inilah yang membuat makanan Indonesia memiliki rasa yang khas dan seringkali bikin kita kalap. Meski hobi makan, jangan lupa rajin merawat kesehatan gigi dan mulut, ya. Soalnya, sisa makanan yang tertinggal, kalau dibiarkan di dalam mulut bisa menimbulkan plak dan juga bau mulut. Nah, buat kamu yang doyan jajan, pernah coba mencicipi menu favorit Indonesia ini?                                                                                                           

Keripik Balado

 

Keripik singkong asal Padang yang juga disebut Karupuak Sanjai ini, dibuat dengan cara digoreng dan dilumuri dengan bumbu balado yang terbuat dari cabe keriting, bawang merah, asam jawa, daun salam, gula, dan garam. Campuran bumbu balado ini membuat tekstur keripik renyah dan lengket. Siap-siap aja ambil air minum, karena biasanya sisa keripik balado gampang menempel di rongga mulut dan sela-sela gigi. Makanya, setelah makan jangan lupa langsung minum air mineral yang bisa bantu membilas mulut dari sisa keripik balado yang tertinggal. Ini jadi salah satu cara menjaga kebersihan gigi untuk sementara.

Sego Tempong

Yang satu Ini kuliner andalan dari Banyuwangi, Jawa Timur. Isinya sederhana kok, terdiri dari nasi panas yang dicampur dengan lauk tempe, tahu, dadar jagung, telur, dan lain sebagainya. Tapi ciri khas Sego Tempong ada pada sambalnya yang terbuat dari terasi, perasan jeruk limau, cabe rawit, dan tomat. Saking pedasnya, orang yang makan nasi ini bakal merasa ditempong alias ditampar. Kurang ‘nampar’ apalagi masakan Indonesia yang satu ini?

Plecing Kangkung

Berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, Plecing Kangkung disajikan bersama sambal yang terdiri dari cabe rawit, tomat, garam, dan terasi yang dihaluskan. Beberapa kedai makanan bahkan menambahkan sayuran pendamping seperti taoge, kacang panjang, dan kacang goring ke dalam masakan ini. Hmm... aroma terasi dan rasa pedas bisa jadi kombinasi yang pas buat memanjakan lidah orang Indonesia. Setuju, nggak?

Rujak Cingur

Makanan asli Surabaya ini pasti nggak asing lagi kan, tapi kamu pernah coba menyantapnya? Satu porsi rujak ini biasanya terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, sayur-sayuran, timun, dan juga cingur atau moncong sapi yang telah direbus. Semua bahan ini disajikan dengan bumbu campuran petis udang, kacang merah, gula merah, dan cabe rawit. Enak!

Semur Jengkol

Ini dia makanan asli Indonesia yang paling eksotis aromanya, dan juga dikenal jadi makanan yang bisa bikin bau mulut. Meski begitu, Semur Jengkol yang jadi makanan khas Betawi ini memiliki rasa yang lezat karena berbagai bumbu rempah-yang ada di dalamnya.

Makanan yang dibuat dari bumbu beraroma kuat seperti bawang, terasi, petis, dan jengkol, memang bisa jadi penyebab bau mulut, karena aroma makanan ini bisa masuk ke aliran darah menuju paru-paru dan membawa bau tertentu saat menghembuskan napas. Tapi, jangan takut bau mulut makin menyengat setelah makan masakan favorit Indonesia ini, ya. Karena, kamu masih bisa membuat napas tetap segar dengan cara berkumur menggunakan mouthwash.

Salah satu pilihan mouthwash yang bisa menajaga napas segar lebih maksimal adalah LISTERINE® Cool Mint. Dengan kandungan 4 essential oil yang unik bisa melawan 99,9% kuman penyebab bau mulut, membantu menjaga kesegaran napas sampai 12 jam, dan juga menjaga kesehatan gigi.

Gimana, berani terima tantangan untuk mencicipi kuliner Indonesia ini? Tenang aja, kesegaran napas bisa dengan mudah dijaga, kok. Asalkan kamu rajin menjaga kesehatan gigi, seperti menggosok gigi, menyikat lidah, dan berkumur menggunakan mouthwash.