Skip to main content

Title

6 Cara Untuk Kerja Lebih Produktif di Malam Hari

6-cara-kerja-lebih-produktif-di-malam-hari-thumbnail.png

Terkadang ada saja deadline pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikannya sampai larut malam. Tapi, kerja di waktu lembur bisa jadi kurang produktif, karena kondisi tubuh yang lelah dan semangat kerja yang menurun. Untuk bantu meningkatkan semangat kerja, mungkin kamu butuh minum secangkir kopi atau ngemil untuk mengatasi perut yang lapar di malam hari. Masalahnya, hal ini juga bisa membuat mulut jadi kurang nyaman. Untuk itu, kamu perlu berkumur dengan obat kumur gigi, supaya bisa membuat mulut terasa lebih segar dan membantumu supaya tidak mudah mengantuk saat kerja lembur.

Selain itu, kamu juga bisa lakukan beberapa persiapan ini untuk bantu mengembalikan semangat dan meningkatkan produktivitas kerja di malam hari.

  • Take a Short Break

Menurut riset profesor di University of Toronto Scarborough dan The Rotman School of Management, waktu istirahat yang pendek dibutuhkan untuk mengembalikan konsentrasi kerja dan juga merelaksasi tubuh. Aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti, peregangan tubuh, berjalan ke pantry untuk mengambil air minum, membaca majalah, main game, atau sekadar melempar jokes dengan rekan kerja.

  • Makan Malam

Perut yang lapar, tentunya bisa bikin kamu kurang fokus untuk kerja lembur. Jadi, manfaatkan waktu istirahat pendek sebelum kerja di malam hari dengan makan malam. Tapi, sebaiknya pilih konsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging ayam, karbohidrat kompleks yang terdapat dalam kentang atau beras merah, dan juga sayuran seperti brokoli. Beberapa sumber makanan ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Setelah makan jangan lupa kembalikan kesegaran napas, salah satu caranya berkumur menggunakan obat kumur gigi.

  • Simpan Mug atau Tumblr di Meja Kerja

Menurut penelitian di University of East London, minum cukup air mineral dapat meningkatkan 14% produktivitas kerja di kantor dan juga di rumah. Jadi, pastikan kamu selalu menyiapkan tumblr atau mug berisi air mineral di meja kerjamu, ya. Selain itu, minum air mineral setelah makan malam juga bisa bantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang tertinggal dan menjaga kesehatan gigi.

  • Buat Daftar Prioritas

Bila ada beberapa deadline yang harus dikerjakan, dahulukan pekerjaan yang lebih penting untuk diselesaikan agar kamu bisa bekerja dengan produktif. Buat daftar prioritas ini sebelum mulai kerja lembur, dengan menuliskannya kamu bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu.

  • Bikin Playlist Lagu Penyemangat

Mendengarkan musik bisa jadi salah satu cara untuk membuat suasana kerja yang menyenangkan, dan juga mengurangi kebisingan suara di ruangan kantor atau di dalam rumah, yang bisa mengalihkan fokus kerja. Bila tidak sempat membuat playlist, kamu bisa gunakan layanan music streaming untuk memilih playlist yang dapat meningkatkan mood kerja.

  • Maksimalkan Pencahayaan Lampu

Cahaya lampu yang terang di dalam ruangan kerja bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa kantuk, sebab tubuh menganggap ini sebagai cahaya matahari. Bila kamu seorang pekerja freelance yang sering pindah kerja di cafe, tidak disarankan untuk melanjutkan kerja hingga larut malam, karena cahaya lampu yang temaram bisa mengurangi produktivitas kerja di malam hari.

Supaya lebih siap untuk kerja lembur, kamu juga bisa berkumur dengan menggunakan LISTERINE® Multi Protect. Kandungan 4 essentials oil di dalam obat kumur antiseptik ini dapat membantu menyegarkan mulut dan napas, sehingga kamu bisa merasa lebih fresh untuk menghadapi deadline pekerjaan di malam hari. Selain kondisi mulut dan napas yang segar, berkumur setelah menyikat gigi dua kali sehari dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Nah, meningkatkan produktivitas kerja saat lembur ternyata nggak sulit, kan? Dengan melakukan beberapa persiapan dan menyimpan obat kumur gigi di meja, kamu bisa lebih semangat untuk kerja!