Skip to main content

6 Alasan Utama Mengapa Gigimu Kuning

Pernah bercermin dan bertanya mengapa gigimu menjadi begitu kuning? Sebagian besar kita pasti pernah. Karena penguningan dapat terjadi secara bertahap dan mudah terlewatkan. Untungnya, gigi yang menguning bukanlah pertanda kondisi kesehatan yang serius. Dan meski itu menyebalkan dan menurunkan rasa percaya diri, kamu bisa mendapatkan senyum cerah dan putihmu kembali. Untuk permulaan, pahami apa yang menyebabkan penguningan dan bagaimana cara menghindari atau membatasi kerentanan terhadap hal-hal tersebut.

ALASAN #1 Usiamu Semakin Bertambah

Gigimu akan mulai menguning sebagai bagian alami dari proses penuaan. Ini terjadi karena lapisan pelindung kuat berwarna putih yang melapisi gigi, yang disebut email, memudar seiring waktu karena beban yang dialami gigi setiap harinya.

ALASAN #2 Kamu Seorang Perokok

Produk-produk tembakau, dari rokok hingga cangklong akan mengotori gigi. Jika kamu mengonsumsi produk-produk ini, gigimu akan menghitam seiring waktu.

ALASAN #3 Kebersihan Mulutmu Kurang Terjaga

Jika kamu tidak menggosok gigi, flossing dan berkumur secara rutin guna menyingkirkan akumulasi plak dan tartar, ini akan mempercepat proses penguningan pada gigi.

ALASAN #4 Kamu Sedang Mengonsumsi Obat

Beberapa obat tertentu seperti antibiotics doxycycline dan tetracycline dapat menghitamkan gigi pada anak-anak berusia 8 tahun ke bawah. Beberapa antihistamine, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan obat antipsychotic juga dapat mengotori gigi dewasa. Diskusikan resiko-resiko efek samping dari obat yang sedang atau akan kamu konsumsi dengan dokter.

ALASAN #5 Kamu Mengidap Penyakit

Penyebab yang jarang diketahui dari perubahan warna gigi dapat berupa antara lain penyakit yang mempengaruhi email, atau pengobatan penyakit seperti kemoterapi dan/atau radiasi yang digunakan dalam mengobati kanker. Dalam hal ini, perubahan warna menghasilkan warna kecoklatan.

ALASAN #6 Gigimu Menguning Secara Genetik

Terdapat pula kemungkinan kamu mewarisi email yang lebih kuning dibandingkan orang lain dengan genetik yang berbeda.
Jika kamu merasa gigimu lebih kuning dari yang seharusnya, kamu dapat mengatasi ini dengan sejumlah whitening strip, pasta gigi serta LISTERINE® rinse untuk mengembalikan senyum cerahmu.