Skip to main content

5 Makanan yang Tak Disangka Dapat Merusak Gusi

#1: Es Krim

Minuman beku ini dapat merusak gusi, terutama gusi yang sudah rentan. Secara umum, kandungan gula di dalam kebanyakan makanan manis, mulai dari biskuit hingga minuman soda, berakhibat buruk bagi gusimu, karena gula akan mengikat gusi dan memicu pelepasan asam yang akan mengikisnya. Terlebih lagi, es krim yang dingin dapat mengiritasi gusi yang sudah mulai terkikis, membuat akarnya terpapar sensasi panas dan dingin. Bukan berarti kamu tidak boleh makan yang manis-manis. Cukup batasi makan yang manis-manis, lalu gosok gigimu setelah kamu melahap es krim. Selain itu, solusi lainnya adalah berkumur dua kali sehari dengan mouthwash untuk menetralkan keasaman makananmu.

#2: Tomat

Sama seperti makanan manis yang tidak akan membuat gusi sehat dan kuat, makanan asam juga buruk bagi gusi. Walau tomat itu menyehatkan dalam banyak hal dan kaya akan likopen antioksidan yang menurunkan risiko stroke, buah berair ini juga sangat asam. Makan tomat itu sama seperti merendam gigimu dalam larutan asam yang dapat mengikis gusi dan merusak gigi. Sambil kamu menikmati buah yang berair ini, coba makan juga makanan yang menetralisir asam seperti mozzarella, daging sapi atau ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, lentil atau tuna.

#3: Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk manis, grapefruit, lemon dan jeruk nipis bersifat asam dan mengandung gula buah alami tinggi yang dapat merusak dan mengikis gigi dan gusi. Ada yang lain untuk mendapatkan vitamin C selain makan yang asam-asam, misalnya mengonsumsi suplemen atau makan sayuran yang tinggi vitamin C tetapi rendah zat asam (seperti brokoli, asparagus dan kacang polong) dan buah-buahan rendah asam seperti blewah, melon dan kiwi (yang kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk manis).

#4: Roti

Roti putih, atau makanan lain kaya zat tepung yang dibuat dari tepung putih, bukanlah sahabat bagi gusi. Mungkin kamu tak akan menyangka kalau roti, cracker dan keripik kentang dapat merusak gusi yang sehat, sama seperti permen. Zat tepung adalah karbohidrat sederhana yang menggantung di sekitar mulut dan larut ke dalam jenis gula sederhana sebagai tempat berkembangnya kuman mulut, yaitu jenis kuman penghasil asam yang akan merusak gigi.

#5: Minuman Olahraga

Selain kandungan gulanya yang tinggi, minuman olahraga juga dapat mengikis gusi dan membuat gigi rusak karena kandungan asamnya juga tinggi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa asam dalam minuman olahraga akan menyerang gusi dan gigi, jika diminum selama lima hari berturut-turut. Jika kamu atau anakmu meminum minuman olahraga setelah berolahraga, bacalah zat gula yang ditambahkan pada label kemasannya, atau ganti saja dengan air putih.