Skip to main content

4 Tips untuk Mengatasi Penyakit Gusi

Penyakit gusi adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri tebal menempel di gusi dan gigi. Mengobati penyakit gusi dimulai dengan mencari tahu jenis penyakit gusi yang kamu derita. Jika gusimu bengkak atau ada darah di wastafel saat kamu menggosok gigi, kamu mungkin menderita gingivitis. Jika tidak diobati dan kamu mengalami kerusakan gusi dan tulang, penyakit gusimu bisa bertambah parah menjadi periodontitis. Apa pun itu, kamu harus berkomitmen melakukan sebuah rutinitas baru untuk mengobatinya, yaitu dengan menggosok gigi, flossing dan berkumur.

1. Tingkatan Rutinitas Perawatan Mulutmu

Penyakit gusi terjadi terutama jika kamu mengurangi perawatan mulut. Untuk penyakit gusi stadium awal, solusinya hanyalah meningkatkan rutinitasmu dalam membersihkan mulut. Menggosok gigi setelah makan, flossing dan berkumur dua kali sehari dengan mouthwash antiseptik dapat mengobati gingivitis. Jadwalkan juga untuk pergi ke dokter gigi, karena jika plak di mulut berkembang menjadi tartar, hanya dokter gigi yang dapat membersihkannya. Penyakit gusi awal dapat dicegah jika kamu cepat mengambil tindakan.

2. Membersihkannya Menyeluruh

Jika gejala penyakit gusimu tidak juga berkurang setelah kamu meningkatkan rutinitas kesehatan mulut, mungkin infeksi di mulutmu telah parah dan membentuk kantong-kantong bakteri di sekitar pangkal gigimu yang sulit dijangkau. Pembersihan menyeluruh oleh dokter gigi atau periodontist setiap 6 bulan sekali adalah cara terbaik untuk membersihkan tartar di mulutmu.

3. Meminta Bantuan Medis

Jika masalahmu tetap muncul, dokter akan meresepkan antibiotik untuk sepenuhnya memberantas mikroorganisme penyebab infeksi di mulutmu, mulai dari gel yang dioleskan ke dalam kantong atau celah di antara gusi dan gigi hingga antibiotik kumur.

4. Serahkan pada Ahlinya

Untuk mengobati penyakit gusi yang lebih parah, dokter gigi akan merekomendasikan salah satu jenis operasi gusi atau beberapa dari kombinasinya untuk mengobati kantong dan peradangan secara menyeluruh. Pilihan yang ada termasuk flap surgery (gusi diangkat dari gigi, tartar dibersihkan lalu gusi dijahit kembali ke sekitar gigi); cangkok jaringan lunak (menggantikan gusi yang terkikis untuk menutupi akar yang terbuka); cangkok tulang (untuk mengganti tulang yang hilang dengan tulang manusia atau hewan, atau tiruan); dan regenerasi jaringan (untuk mencoba menumbuhkan tulang kembali). Semua prosedur ini memang serumit kelihatannya, jadi sebaiknya kamu menghindarinya.