Skip to main content

Gaya Hidup Yang Menyebabkan Bau Napas Tak Sedap

Saat rutinitas menggosok gigi, flossing dan berkumur tak cukup untuk melawan bau napas tak sedap, mungkin saatnya memikirkan kembali gaya hidup dan kebiasaanmu.

Apa Saja Yang Kamu Makan?

Makanan manis sepatutnya dianggap sebagai masalah serius. Bakteri alami dalam mulutmu sangat suka mengubah makanan manis menjadi bau tak sedap. Makanan asam dapat memperlemah email, menjadikan gigimu mudah terserang infeksi dan bau napas tak sedap. Makanan dengan kadar lemak dan protein tinggi tak selalu dicerna dengan baik, fakta ini tampak jelas dari gas bersulfur yang dihasilkan saat makanan tersebut tidak dimetabolisme. Kamu juga perlu berpikir dua kali jika hendak memotong asupan karbohidrat. Tanpa karbohidrat, tubuhmu mulai mengurai lemak dan protein lainnya untuk dijadikan energi, hingga menghasilkan bau napas tak segar. Yang patut kamu lakukan: pilihlah makanan yang seimbang dan sehat dengan jumlah buah dan sayur yang cukup, seperti nanas, kiwi dan sayuran hijau.

Kamu Sedang Stres?

Percaya atau tidak, rasa gelisah dapat menyebabkan lebih dari sekadar telapak tangan berkeringat atau jantung berdegup kencang. Napas tersengal-sengal karena panik juga dapat mengeringkan mulutmu dan menjadikan aromanya menyengat. Puasa juga dapat mempengaruhi pencernaanmu dengan menurunnya kadar enzim pada perut. Tanpa enzim, makanan yang tak dicerna dan tidak terurai menghasilkan bau yang akan keluar dari mulut.

Seberapa Sering Kamu Minum Alkohol?

Semakin sering kamu meminumnya, semakin besar pula resiko memiliki bau napas tak sedap. Itu karena alkohol tak hanya menyebabkan mulut kering, tapi juga mengizinkan bakteri untuk menempel hingga 10 jam setelah kamu selesai minum.

Apakah Kamu Pecandu Kopi?

Kopi mungkin sudah menjadi menu wajibmu di pagi hari, namun kafein dalam kopi dapat mengurangi produksi air liur dalam mulutmu. Berkurangnya air liur mengakibatkan meningkatnya bakteri penyebab bau napas tak sedap. Ini juga berarti partikel makanan yang mungkin tersisa dari apa yang terakhir kamu makan mulai terurai di dalam mulutmu. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menggosok gigi dan flossing segera setelah meminumnya. Kamu juga bisa menggunakan LISTERINE POCKETPAKS® breath strips untuk menyegarkan napas.