Skip to main content

5 Makanan untuk Gusi Lebih Sehat

Rutin menggosok gigi, flossing dan berkumur akan menjaga mulutmu tetap sehat. Dan meskipun kamu perlu senjata yang ampuh untuk melawan bakteri, kamu dapat memperkuat mulutmu. Selain membatasi makanan yang manis dan asam, kamu dapat memilih makanan yang baik untuk gusi.

Cara Lebih Baik Untuk Menambah Rasa

Akar jahe dianggap sebagai herbal yang menyembuhkan. Sifat antiinflamasi pada jahe akan menguatkan jaringan sehat di mulutmu.

Perbanyak Mengonsumsinya

Memakan apel perlu sedikit waktu. Dan itu baik untuk mulutmu. Mengunyah apel akan memacu pembersihan dengan mengguncang plak-plak yang menempel di gusi dan gigi. Sediakan banyak apel di rumah, tapi pastikan kamu selalu berkumur sesudahnya dengan mouthwash. Bahkan makanan sehat seperti buah apel dapat memberikan asam pada mulutmu.

Suka Minum Susu?

Susu, dan produk makanan lainnya dari susu seperti keju dan yoghurt tidak hanya kaya kalsium untuk memperkuat tulang, tapi juga mengandung kasein protein yang menurut penelitian akan mengurangi kadar asam di mulut. Selain itu, minum susu dapat menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. Catatan: Minum susu dengan sereal atau makanan penutup tidak memiliki manfaat yang sama seperti minum susu langsung setelah makan. Tidak ada susu? Makanlah keju sebagai gantinya.

Perbanyak Makan Sayuran Hijau

Sudah jadi rahasia umum bahwa sayur-mayur dalam salad sangat sehat. Selain itu, sayuran akan menjaga mulutmu tetap bersih karena penuh dengan serat, yang berarti perlu banyak kunyahan untuk menghancurkannya. Air liur berlebih yang dihasilkan saat mengunyah akan menetralkan oleh bakteri mulut. Makanan tinggi serat dan berserabut seperti bayam mentah, seledri bahkan kacang masak juga memiliki manfaat ini.

Membersihkan Bakteri, Lapisan Demi Lapisan

Bawang mentah adalah makanan yang ampuh melawan bakteri. Betul, bau napas tak sedap adalah musuhmu. Itulah alasannya permen karet tanpa gula dan mouthwash diciptakan. Bawang mengandung bahan antimikroba yang membunuh bakteri, dan menurut sebuah penelitian, bawang akan menghilangkan empat galur bakteri yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Tambahkan seiris bawang ke salad, roti sandwich, burger, sup atau makanan rebusan.