Skip to main content

Title

Jangan Asal Memilih Sikat Gigi!

listerine-jangan-asal-memilih-sikat-gigi.png

As we know, menyikat gigi adalah ritual wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Meski banyak jenis sikat gigi yang dijual di pasaran, kita nggak boleh sembarangan dalam memilihnya. Sebab, jenis sikat gigi yang salah dapat menyebabkan infeksi gusi. Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, penting untuk kita memilih sikat gigi yang tepat. Nah, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan saat memilih sikat gigi.

Bulu Sikat

Jenis bulu sikat gigi terbagi menjadi tiga; soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli kesehatan gigi menyarankan kita untuk menyikat gigi dengan soft bristles brush. Sikat gigi dengan bulu halus atau soft bristles akan menyingkirkan plak tanpa merusak lapisan luar atau enamel gigi. Ya, enamel gigi rentan banget terkikis dan dapat memengaruhi keadaan gigi sensitif. Selain itu, menyikat gigi dengan sikat gigi hard bristles juga berisiko melukai gusi. Duh, kebayang dong sakitnya gusi berdarah saat sikat gigi?

Ukuran Kepala Sikat

Pilihlah kepala sikat yang nggak terlalu besar. Ukuran kepala sikat yang besar akan sulit menjangkau bagian terdalam mulut. Padahal, gigi bagian belakang seperti geraham adalah bagian gigi yang penuh dengan sisa makanan. Sedangkan, sikat berkepala kecil lebih mudah bermanuver menjangkau sela-sela gigi. Perlu diperhatikan, jika gusi berdarah saat sikat gigi, bisa jadi itu adalah tanda kamu menderita penyakit gusi.

Handle Grip

Handle grip atau pegangan sikat gigi yang nyaman akan membuat sesi menyikat gigi jadi menyenangkan! Pilih handle grip yang agak panjang agar nyaman digenggam. Lalu, usahakan cari non-slip handle grip agar sikat nggak mudah lepas dari genggaman karena licin. Setidaknya, handle grip tersebut harus nyaman dipegang selama 3 menit, yakni waktu yang ideal untuk menyikat gigi. Nah, untuk menghindari gusi berdarah saat sikat gigi, jangan menyikat gigi terlalu kencang, ya, guys!

Ternyata, menyikat gigi saja belum cukup untuk merawat kebersihan mulut dan gigi sampai ke bagian tersempit. Makanya, kamu butuh berkumur menggunakan mouthwash LISTERINE® MULTI PROTECT ZERO yang terbukti klinis melawan 99,9% kuman. Dengan rasa yang lebih ringan, LISTERINE® MULTI PROTECT ZERO membantu menyehatkan gigi dan gusi dalam 3 minggu! Ayo, #BeraniTunjukinDirimu bahwa kamu bisa merawat gigi dan mulut dengan maksimal!