Skip to main content

Title

5 Masalah yang Sering Dialami saat Makan

5-masalah-yang-sering-dialami-saat-makan.jpg

Plak berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, apalagi buat kamu yang hobi makan. Sebab, sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, bila tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Untuk itu, kamu harus rajin membersihkannya dan berkumur dengan mouthwash. Kebiasaan ini merupakan beberapa cara menghilangkan plak gigi yang dapat dilakukan dengan mudah.

Bila kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga, kamu yang hobi jajan tentunya bisa lebih enjoy untuk menikmati kuliner favoritmu. Tapi, saat menyantap menu makanan yang kamu suka, bisa jadi ada hal-hal lain yang mungkin membuatmu feeling guilty dan merasa nggak nyaman. Contohnya seperti ini:

  • Baju Kecipratan Kuah Makanan

Meskipun cuma sedikit, tapi hal ini bisa bikin kamu kurang nyaman saat beraktivitas seharian. Mungkin, saat pakai baju warna putih, sebaiknya kamu selalu makan dan minum dengan lebih hati-hati. Atau, bisa juga gunakan napkin sebelum makan, untuk melindungi pakaian putih dari noda.

 

  • Lapar Mata

Social media sering kali berubah jadi food gallery, yang membuatmu susah untuk menahan godaan makan. Apalagi, bila foto-foto food porn muncul di timeline saat sore hari. Ketika makanan yang diidamkan ada di depan mata, bisa-bisa kamu melahapnya dengan cepat, lalu menginginkannya lebih banyak lagi. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya siapkan camilan sehat di meja kantor. Jadi, saat merasa lapar di antara waktu makan, kamu bisa mengurangi keinginan untuk menyantap makanan favorit dengan porsi berlebihan.

 

  • Makanan Nyelip di Gigi

Apa jadinya bila ada cabai nyelip di gigi saat kamu meeting dengan klien atau ngobrol dengan teman? Tentunya, hal ini bisa membuatmu malu dan merasa kurang percaya diri. Untuk itu, sebaiknya selingi waktu makan dengan minum air mineral, yang dapat bantu membersihkan mulut dari sisa makanan. Setelah selesai makan, biasakan untuk selalu mengecek kebersihan gigi dengan cara bercermin di toilet atau menggunakan kamera smartphone.

 

  • Gigi Ngilu

Pernah tiba-tiba merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan dingin, panas, atau manis? Ini diakibatkan makin terkikisnya lapisan pada email gigi, yang menyebabkan rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf sehingga timbul rasa ngilu. Untuk mencegah kondisi ini, sebaiknya kamu gunakan pasta gigi yang direkomendasikan dokter, dan juga berkumur menggunakan obat kumur gigi yang mengandung flouride.

 

  • Bau Mulut

Ini bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berbumbu bawang atau makanan yang beraroma tajam seperti durian. Setelah makan, lebih baik kamu meminum segelas air mineral daripada sebotol soda atau teh. Sebab, air mineral dapat bantu membersihkan sisa makanan dalam mulut dan membunuh kuman penyebab bau mulut.

 

Bad breath is a deal breaker. Untuk itu, kamu harus selalu menjaga kesegaran napas dengan cara berkumur menggunakan mouthwash terbaik setelah menyikat gigi, agar hasilnya lebih maksimal.

Nah, dari kelima hal ini, mana yang paling sering kamu alami? Supaya, bebas menikmati makanan favorit dari rasa bersalah dan rasa nggak nyaman akibat masalah pada gigi dan mulut, kamu perlu membiasakan diri berkumur dengan mouthwash LISTERINE® Tartar Control. Ini salah satu cara menghilangkan plak pada gigi yang ampuh, karena di dalamnya mengandung zinc chloride yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan karang gigi. Selain itu, jangan lupa membersihkan karang gigi secara teratur ke dokter. Dengan begitu, kamu bisa melindungi gigi dan mulut dari berbagai masalah kesehatan.

Apapun masalah makan yang sering dialami, jangan sampai hal tersebut mengganggu kamu untuk beraktivitas. Terutama soal gangguan kesehatan pada mulut dan gigi. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah rutin merawatnya dengan cara menghilangkan plak pada gigi.