Skip to main content

Tetap Sehat dan Fit Saat Lebaran

36-tetap.gif

36-tetap.gif

Setelah menjalani puasa selama 30 hari penuh, lebaran menjadi momen kemenangan bagi umat muslim untuk saling bermaaf-maafan dan menyambung tali silaturahmi dengan teman, kerabat, dan keluarga. Lebaran juga menjadi ajang untuk “balas dendam” bagi banyak orang setelah menjaga rasa lapar dan haus saat puasa.

Ketika lebaran, banyak menu makanan yang disajikan mulai dari ketupat, sayur labu, rendang, ayam opor, sambal kentang, dan lain-lain. Belum lagi ditambah dengan deretan kue kering dan minuman sirup dingin sebagai pelengkap suasana kumpul yang hangat.

Hal ini menyebabkan banyak orang menyepelekan kesehatan mereka saat lebaran. Padahal mengkonsumsi sesuatu dalam porsi yang berlebihan meskipun hanya dalam satu harus dapat berdampak kepada kesehatan. Berikut tips menjaga kesehatan saat lebaran.

Makanlah dengan porsi yang cukup. Lebaran memang sudah selayaknya dirayakan dengan menu makanan yang berlimpah. Namun ada baiknya untuk tetap memilih menu dan menjaga porsi makanan. Perut yang begah akibat kekenyangan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat. Ditambah dengan menu makanan lebaran yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Kue-kue kering saat lebaran juga banyak mengandung banyak bahan makanan yang tidak baik. Perhatikan kandungan makanan yang akan kamu konsumsi karena dapat memicu penyakit seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga asam urat.

Tetap konsumsi buah dan sayur. Untuk mengimbangi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi saat lebaran, buah dan sayur sangat direkomendasikan untuk tetap dikonsumsi. Selain itu, buah dan sayur mampu menetralisir lemak jahat dan gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Buah dan sayur akan membantu sistem pencernaan tubuh menjadi lebih lancar.

Jangan lewatkan untuk mengkonsumsi air putih. Aneka ragam minuman manis mulai dari sirup hingga soda yang disediakan saat lebaran sebaiknya dikonsumsi dengan porsi dalam porsi kecil. Air putih membuat tubuh menjadi sehat, berbanding terbalik dengan softdrink yang ada saat lebaran. Selain itu, air putih juga penting memberikan cairan di tubuh karena momen lebaran akan cukup melelahkan. Air putih akan membantu menjaga kestabilan tubuh.

Rajinlah mencuci tangan. Disaat lebaran, tangan akan banyak melakukan kontak fisik dengan banyak orang. Sentuhan tersebut dapat dapat menyebabkan perpindahan virus, kuman, dan bakteri dari satu tangan ke tangan lain. Untuk menghindari resiko penyakit yang timbul akibat kontak fisik, ada baiknya untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah setiap kali mengkonsumsi makanan.

Selain itu, setelah mengkonsumsi banyak makanan dan minuman, jagalah kondisi mulut dan gigi kamu. Sikat gigi kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta berkumurlah dengan LISTERINE® ZERO. Mengapa berkumur menggunakan mouthwash? Karena sikat gigi hanya mampu membersihkan 25% area mulut dan tidak dapat menjangkau sela-sela gigi. LISTERINE® ZERO memiliki kandungan formula unik 4 essential oils yang terbukti secara klinis dapat melawan 99.9% kuman penyebab bau mulut dan plak.

Diakui oleh Asosiasi Kedokteran gigi di berbagai negara & Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), LISTERINE telah dinyatakan aman dan ampuh untuk digunakan sehari-hari. Listerine tidak akan mengakibatkan noda pada gigi dan efek samping lainnya. LISTERINE menjadi satu-satunya mouthwash yang dapat menembus lapisan BIOFILM plak yaitu sebuah lapisan tipis lengket tidak beraturan yang terbentuk dari campuran bakteri yang berasal dari air ludah.

Jadi, pastikan untuk menjaga porsi dan memilih jenis makanan, tetap konsumsi air putih, menjaga kebersihan tangan, dan berkumurlah menggunakan LISTERINE® ZERO setelah menyikat gigi di saat lebaran.