Skip to main content

Title

5 Musuh Gigi Sensitif

Musuh #1: Makanan Dingin 

Cold Stuff

Ingin meredakan gigi sensitifmu dengan memakan es krim? Coba pikirkan ulang. Emailmu berfungsi layaknya lapisan yang melindungi gigi dari beku saat makanan dingin menyentuh permukaannya, dan jika email menipis maka bersentuhan dengan benda dingin dapat sangat menyakitkan. Bahkan bernapas dalam suhu dingin pun dapat menyebabkan sakit tak terduga pada gigimu.

Musuh #2: Makanan Panas

HotStuff

Sama seperti kamu tak ingin air mendidih menyentuh kulitmu, gigimu pun tak tahan terhadap cairan bersuhu tinggi seperti kopi, teh dan sup jika emailmu sudah menipis.

Musuh #3: Makanan Asam

Acidic Stuff

Kamu menyukai buah sitrus, tomat, acar, permen asam, diet soda dan wine? Gigimu tidak menyukainya. Asam akan memudarkan email, menjadikannya lebih sensitif dari sebelumnya.

Musuh #4: Makanan Manis

Sweet Stuff

Penghasil asam lainnya adalah gula. Bakteri dalam mulutmu menyukai gula, dan semakin banyak kamu mengonsumsi gula, semakin banyak pula asam yang mereka hasilkan. Kita tahu banyak orang yang menyukai makanan manis, namun sebagian dari penyebab terburuk yang perlu dihindari adalah soda, sports drink dan jus.

Musuh #5: Makanan Keras

Hard Stuff

Saat kamu mengunyah es, permen keras dan kacang, itu dapat menimbulkan keretakan pada gigi dan mengekspos saraf yang dapat terganggu saat kamu mengunyah.