Skip to main content

Bagaimana Biofilm Menjadi Penyakit Gusi

Biofilm adalah sebuah lapisan berlendir tipis bakteri yang melekat di permukaan dalam mulut, seperti lidah, gusi dan gigi. Kita semua memiliki biofilm, bahkan pada orang yang paling sering menggosok gigi, flossing dan berkumur, karena lapisan lengket ini melekat hampir di setiap permukaan yang basah (yang juga menyebabkan batu karang licin, atau lambung perahu licin).

Dengan menggosok gigi, flossing dan berkumur, kamu dapat meminimalkan biofilm. Tapi jika kamu jarang menggosok gigi, flossing dan berkumur, biofilm dapat menumpuk dan berkembang menjadi plak gigi yang bisa dilihat langsung oleh mata (biasanya berwarna kuning pucat).

Biofilm yang lebih tebal dapat menyebabkan gangguan gusi dan memacu respons peradangan tubuh. Ini akan membuat gusi tampak merah dan bengkak bukannya berwarna merah muda yang normal, sehat dan kuat. Jika tidak diobati, gingivitis yaitu penyakit gusi stadium awal dan tidak dapat dikembalikan jika tidak cepat diambil tindakan, dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang serius disebut periodontitis, yang dapat menginfeksi tulang.