Skip to main content

Ketahui 3 Manfaat Ekstrak Siwak untuk Mulut Kamu!

image-article-17-listerine.jpg

Belakangan ini, pamor siwak atau miswak sebagai alat untuk membersihkan gigi kembali naik. Karena masyarakat semakin sadar dengan perilaku ramah lingkungan, maka orang-orang mulai berpaling ke alat-alat yang natural dan eco-friendly. Selain sikat gigi dari batang bambu, siwak juga menjadi pilihan banyak orang.

Siwak atau miswak merupakan bagian dari ranting atau akar Salvadora persica, yaitu tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Afrika, dan juga Asia. Budaya membersihkan gigi dengan siwak atau miswak pun sudah dilakukan sejak zaman dulu, bahkan sejak 7000 tahun yang lalu.

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa siwak dipercaya sekian lama untuk menjaga kebersihan gigi. Siwak sendiri memiliki kandungan yang cukup lengkap untuk merawat kesehatan mulut kita, antara lain klorin, fluorida, antibakteri, essential oil, dan masih banyak lagi.

Dengan banyak kandungan baik dalam 1 batang siwak, pastinya diikuti dengan manfaat yang baik juga untuk mulut kita, dong. Nah, berikut ini adalah 3 manfaat ekstrak siwak, yang biasa digunakan sebagai obat kumur, untuk mulut kamu. Apa saja ya?

1. Melindungi gigi dari berbagai bakteri jahat

Salah satu penyebab gigi berlubang dan gusi berdarah adalah plak gigi yang disebabkan oleh menumpuknya sisa-sisa makanan akibat tidak membersihkan mulut dengan maksimal. Tumpukan sisa makanan ini akhirnya menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang dan masalah mulut lainnya.

Siwak sendiri memiliki kandungan antibakteri alami yang dapat membantu kamu mencegah gigi berlubang dan melindungi gigi dari bakteri jahat yang menyebabkan masalah mulut. Siwak juga mampu membasmi bakteri yang sebabkan penyakit gusi dan radang gusi, serta mencegah munculnya plak gigi.

2. Merangsang pembentukan saliva dalam mulut

Tahukah kamu kalau mulut yang kering dan memproduksi sedikit saliva atau air liur itu cenderung lebih mudah terkena penyakit mulut? Mulai dari radang gusi, gusi berdarah, sampai bau mulut tak sedap. Sedangkan peran saliva sendiri menjadi penting karena saliva merupakan organik mulut yang memiliki fungsi melindungi dan membersihkan mulut dari bakteri oral dan sisa-sisa makanan.

Siwak sendiri memiliki kandungan minyak esensial yang mampu merangsang produksi saliva itu sendiri. Artinya apa? Artinya, semakin banyak saliva yang dihasilkan, maka semakin sulit bagi bakteri jahat untuk berkembang di dalam mulut kita. Secara tidak langsung, mulut kita akan semakin jauh dari berbagai penyakit mulut dan gusi.

3. Menjaga warna alami gigi dan bau mulut alami

Menggunakan ekstrak siwak sebagai obat kumur juga dapat menjaga warna alami gigi dan bau mulut. Seperti tumbuhan pada umumnya, siwak juga memiliki wangi segar alami yang dapat membantu kita mempertahankan bau mulut tetap segar. Selain itu, kandungan silika yang ada membuat siwak mampu menghilangkan noda akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman berwarna.

Tapi buat kamu yang masih kesulitan mencari ekstrak siwak yang bisa digunakan sebagai obat kumur, kamu bisa menggunakan mouthwash yang mengandung minyak esensial yang terbukti dapat melawan kuman lebih baik dari Therapeutic Mouthwash.

Salah satunya adalah LISTERINE® Siwak dengan bahan kandungan alami ekstrak siwak, bantu menjaga kesegaran mulut hingga 12 jam. Selain itu, LISTERINE® mengandung 4 essential oil yang unik, yaitu Thymol, Menthol, Methyl Salicylate, and Eucalyptol, LISTERINE® mampu menumpas 99.9% bakteri penyebab bau mulut, menghambat pertumbuhan plak 56%, dan mengurangi radang gusi sebanyak 36%. Dan varian ini sudah tersertifikasi Halal oleh MUI Selamat mencoba!