Skip to main content

Gak Cuma Bikin Jerawatan, Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Gigi Kamu Berlubang!

Cegah Gigi Berlubang dengan LISTERINE® Green Tea

Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi tidak hanya buruk untuk kesehatan kulit tapi juga gigi. Meskipun gula punya peran penting untuk tubuh porsinya harus diatur agar tidak berlebih. Berikut makanan yang sering dikonsumsi tanpa disadari dapat membuat gigi kamu berlubang dan cara mencegahnya.

1. Cokelat

Salah satu jenis cokelat yang paling banyak dikonsumsi adalah cokelat susu. Selain harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan cokelat hitam (dark chocolate), rasa cokelat susu juga lebih manis. Tanpa disadari, cokelat susu memiliki efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan gigi. Kandungan gula, krim, dan susu yang cenderung mendominasi dapat membantu tumbuh kembang kuman yang dapat membuat gigi berlubang.

Jika ingin mengkonsumsi cokelat, pilihlah cokelat hitam (dark chocolate).

Cokelat hitam adalah cokelat yang memiliki yang memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid sendiri berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas

2. Soda

Minuman berkarbonasi atau yang lebih umum dikenal dengan soda memiliki kandungan gula, asam, dan karbonasi. Ketiga kandungan tersebut dapat mempercepat pertumbuhan bakteri di rongga mulut yang dapat merusak gigi. Soda dapat mengikis lapisan enamel secara perlahan yang pada akhirnya membuat lubang di gigi. Kerusakan dapat terus berkembang seiring porsi dari soda yang dikonsumsi secara rutin.

Soda tidaklah dilarang namun untuk menjaga kesehatan gigi sebaiknya kurangi jumlah minuman soda yang anda konsumsi. Selain itu, tetap konsumsi air secara rutin dan menggosok gigi setelah minum soda.

3. Es Batu

Meskipun es batu tidak memiliki kandungan gula ataupun asam yang berbahaya untuk gigi, namun ada baiknya untuk menghindari kebiasaan mengunyah es batu. Gigi dapat mengalami kerusakan bila mengunyah benda yang keras dan juga sangat dingin. Hal ini dapat menimbulkan iritasi pada jaringan lunak dalam gigi yang pada jangka panjang dapat menimbulkan sakit gigi hingga gigi berlubang

4. Permen

Makanan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi bahayanya untuk kesehatan gigi. Rasa manisnya yang sangat memuaskan mulut dapat membuat kita kecanduan. Selain permen manis, permen asam juga memiliki bahaya yang sama. Kandungan gula dan asam yang ada di dalam permen dapat mengikis enamel pada lapisan terluar gigi. Bila enamel terlalu terkikis, menyikat gigi justru dapat memperparah kesehatan gigi. Maka dari itu, cegahlah memakan permen dengan porsi berlebihan dan jaga kesehatan gigi secara rutin

5. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat membuat mulut dehidrasi dan kering. Hal ini menyebabkan sisa-sisa makanan tidak dapat dibersihkan dan jaringan lunak mulut mengalami infeksi dan iritasi. Kekeringan di mulut juga menjadi penyebab penyakit karena kuman akan berkembang biak tanpa adanya air liur di mulut. Pada akhirnya, kuman-kuman tersebut akan merusak gigi hingga menimbulkan lubang.

23-gak-cuma-bikin-jerawatan.jpg

23-gak-cuma-bikin-jerawatan.jpg

Oleh karena itu, untuk bantu mencegah gigi berlubang, sikat gigi secara teratur, banyak konsumsi air putih, dan kunjungi Dokter Gigi secara rutin.

Untuk kamu yang suka makan manis, bantu cegah gigi berlubang dengan berkumur menggunakan LISTERINE NATURAL GREEN TEA setelah menyikat gigi. Dengan kandungan formula unik dari 4 minyak esensial, Double Fluoride & ekstrak Green Tea, LISTERINE NATURAL GREEN TEA mampu melawan kuman penyebab gigi berlubang dan  melindungi gigi. Gunakan LISTERINE NATURAL GREEN yang #TerasaBedanya