Skip to main content

Ketahui Penyebab Bau Mulut!

Apakah selama ini kamu pernah merasa teman atau keluargamu mengeluarkan aroma yang kurang sedap saat sedang berbicara? Atau bahkan ternyata aroma yang tidak sedap itu berasal dari mulut kita sendiri? Banyak dari penderita bau mulut yang tidak menyadari masalah ini, sampai ada seseorang yang memberitahu mereka.

Yuk, kenali penyebab bau mulut lebih dalam!

Bau mulut dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan HALITOSIS. Halitosis adalah keadaaan di mana seseorang mengeluarkan bau nafas tidak sedap yang berasal dari dalam mulutnya.

Biasanya ada beberapa kemungkinan penyebab bau mulut, bisa dari faktor luar maupun dalam tubuh. Faktor luar itu seperti adanya sisa makanan di dalam mulut. Sedangkan faktor dari dalam kebanyakan berasal dari masalah gigi dan mulut, di antaranya gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, gigi retak, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik, dan berkurangnya air liur di dalam mulut (xerostomia). Nah, ada yang pernah mengalami kasus-kasus seperti itu di dalam mulutnya? Kalau ternyata penyebabnya bukan berasal dari dalam mulut, kemungkinan bisa berasal dari bagian tubuh kamu yang lain seperti, kondisi alergi, radang kronis pada saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan beberapa penyakit dalam lainnya.

Nah, kalau sudah begitu segera konsultasikan ke dokter umum yang berhubungan dengan penyakit tersebut ya!

Sebenarnya, yang disebut bau mulut (halitosis kronis) adalah bau napas menyengat yang berasal dari mulut yang tidak dapat dihilangkan meski sudah menyikat  gigi, berkumur dan flossing (menggunakan dental floss).

Karena sebagian besar kasus halitosis berasal dari dalam mulut, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi ulang teknik menyikat gigi dan berkumur kamu. Ayo, kira-kira teknik kamu dalam menyikat gigi udah benar belum? Wahh, kalau menyikat giginya aja belum benar kamu perlu extra berhati-hati, karena gigi hanya 25% bagian dari rongga mulut kita. Bakteri dalam jumlah besar selain terdapat pada gigi, juga bisa terdapat pada bagian mulut yang lain, lho! Seperti lidah, bagian perbatasan gigi dan gusi, dinding mulut, langit-langit, dan lain-lain.

Nah, agar bau mulut dapat kita hindari, yuk simak beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  2. Berkumurlah menggunakan mouthwash dua kali sehari, setelah menyikat gigi di pagi dan malam hari.  Nggak perlu khawatir mulut terasa menyengat setelah berkumur pakai mouthwash, karena sekarang LISTERINE® punya varian baru yang rasanya lebih ringan di mulut kamu, yaitu LISTERINE® ZERO. Dengan kandungan empat minyak esensial, mouthwash antiseptik ini bisa bantu melawan 99,9% kuman penyebab bau mulut dan plak gigi. Jadi, kamu bisa  menjaga kebersihan mulut dengan lebih maksimal dan membuat napas tetap segar setiap hari!
  3. Membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan dental floss (benang gigi)
  4. Jangan lupa menyikat lidah, karena permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan menempel di sana.
  5. Usahakan sesering mungkin minum air putih. Hindari minum kopi dan usahakan menghentikan kebiasaan merokok, karena kandungan nikotin dan tar dalam rokok akan senantiasa menetap di dalam mulut.
  6. Mengunyah permen karet bebas gula, agar membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama untuk kamu yang memiliki saliva dengan konsistensi yang kental.
  7. Kunjungi dokter gigi segera. Mungkin ada gigi yang berlubang, karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut.

Nah, sebenarnya bau mulut bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang harus diketahui penyebabnya. Kalau ternyata masalah ini disebabkan karena kesehatan mulut, jangan malas untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan berkumur menggunakan mouthwash seperti LISTERINE® yang sekarang memiliki varian rasa yang lebih ringan, ya. Dan, jangan lupa konsultasi secara rutin ke dokter gigi kesayangan kamu.

 

*) Drg. Oktri Manessa adalah founder dari OMDC Dental Clinic, sebuah klinik sosial yang mengusung misi sosial untuk membuat senyum masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan harga yang terjangkau. Saat ini, drg. Oktri bersama OMDC telah melayani lebih dari 12.000 pasien, serta memimpin lebih dari 30 dokter gigi dan dokter gigi spesialis dengan didukung oleh 60 inspiring team.