Skip to main content

Title

Bisakah Kopi Bikin Kamu Bau Mulut?

bisakah-kopi-bikin-image

Minuman apa yang paling ampuh membuat kita semangat menjalani hari setiap pagi? Atau, sebutkan minuman yang aromanya ampuh membangunkan indra penciuman kita dalam sekejap karena wanginya yang sungguh nikmat? Pasti kita sedang memikirkan minuman yang sama, kan?

Ya, kopi adalah minuman yang biasanya jadi andalan banyak orang untuk membuat mereka semangat lagi setelah ngantuk karena bekerja dari pagi. Bahkan ada orang yang tidak bisa bekerja dengan maksimal jika pagi hari belum menikmati secangkir kopi.

Tapi, tahukah kamu, kalau ternyata kopi yang nikmat itu bisa jadi salah satu penyebab bau mulut?

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memperlambat produksi air liur yang menyebabkan mulut kering. Ketika mulut kita kering, bakteri dapat bertumbuh dengan cepat dan menyebabkan bau mulut lebih mudah muncul.

Kandungan sulfur yang tinggi dalam kopi pun menyebabkan bau mulut. Jika kebersihan mulut kita kurang terjaga, dikombinasikan dengan bau tidak sedap lainnya yang ada dalam mulut, maka bau tajam dari kopi dapat memperburuk bau mulutmu.

Atasi bau mulutmu!

Jika kamu termasuk orang yang sangat suka dengan kopi dan merasa tidak mungkin menghilangkan ritual minum kopi dari hari-harimu, ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh kopi ini.

1. Jaga kebersihan mulutmu

Cara paling ampuh untuk menghindari bau mulut yang disebabkan oleh kopi adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Menggosok gigi minimal dua kali sehari (pagi, setelah makan, dan sebelum tidur) dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan zinc merupakan salah satunya. Fluoride dan Zinc diketahui dapat menghambat pembentukan plak yang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri di mulut.

2. Rajin berkumur dengan mouthwash

Eits… menyikat gigi saja ternyata tidak cukup, lho, untuk menjaga kebersihan gigimu! Menyikat gigi ternyata hanya membersihkan area mulutmu sebanyak 25% saja. Lalu, bagaimana cara membersihkan mulut kita dengan maksimal?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan berkumur secara rutin. Berkumur juga tidak bisa sembarangan, karena cara yang tepat adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash setelah kamu minum kopi.

Mouthwash yang bisa kamu percaya dapat membersihkan mulut 2x lebih bersih dari yang lain adalah Listerine Antiseptic Mouthwash. Mengandung 4 essential oils, yaitu Thymol, Menthol, Methyl Salicylate, dan Eucalyptol, Listerine terbukti dapat membasmi 99.9% kuman penyebab masalah mulut, termasuk bau mulut yang disebabkan oleh kopi.

Selain itu, essential oil tersebut dapat menghambat perkembangan plak sebanyak 56% dan mengurangi radang gusi sebesar 36%. Sehingga, kamu dijamin tidak akan mengalami bau mulut karena minum kopi lagi, deh.

Nah, ternyata kopi yang menjadi penyebab bau mulut itu bisa, kok, kamu atasi. Asal kamu jaga kebersihan mulutmu dan rajin berkumur dengan mouthwash, dijamin kamu bebas dari bau mulut karena kopi.