Skip to main content

Title

Belajar Materi Presentasi dalam 10 Menit? Bisa!

belajar-materi-presentasi-dalam-10-menit-bisa.png

Practice makes perfect. That’s true! Tapi, gimana mau latihan presentasi kalau kita cuma punya waktu 10 menit untuk mempelajari materinya? Jadwal presentasi bisa jadi dadakan, tapi persiapan tetap harus maksimal, kan. Selain mempelajari objective presentasi dan mengingat poin-poin penting, kita juga harus membuat napas tetap segar, supaya makin pede waktu presentasi di depan client. Caranya, gosok gigi secara teratur dan berkumur setelahnya menggunakan mouthwash terbaik.

Nah, sekarang gimana caranya supaya kita bisa belajar materi presentasi dengan efektif selama 10 menit? Cek tipsnya di bawah ini, ya.

 

Membuat Outline Presentasi

Buat daftar berisi poin-poin dari materi presentasi dan highlight hal-hal yang paling penting. Ini jadi salah satu cara efektif untuk mempelajari materi presentasi dan memudahkan kita mengingat poin penting dalam waktu yang singkat. Selain itu, outline presentasi juga bisa menjadi guideline supaya kita nggak out of topic saat menyampaikan presentasi.

 

Use Mind Maps

Memori otak lebih mudah mengingat hal-hal tertentu secara visual. Jadi, kalau kamu termasuk orang yang visual learner, bisa coba membuat outline presentasi dengan menggunakan mind maps. Cara ini bisa bantu kamu lebih mudah untuk mempelajari dan mengingat materi presentasi dalam waktu yang singkat, karena mind maps berisi poin-poin resume yang dibuat dengan visual atau diagram mirip ranting pohon yang mudah dibaca dalam satu halaman.

 

Lebih Fokus

Delapan detik pertama saat membaca atau belajar hal-hal baru itu jadi waktu yang paling penting buat kita untuk transfer informasi ke otak. Karena, ini adalah waktu yang dibutuhkan otak untuk memproses potongan informasi ke dalam memori. Jadi, supaya bisa mempelajari materi presentasi dengan efektif, jangan sambil multitasking melakukan hal lain seperti texting, atau cek e-mail.

 

Rehearse Out Loud

Belajar materi presentasi dengan cara diucapkan ternyata bisa jadi 10% lebih efektif dibanding dibaca dalam hati, misalnya sambil menatap cermin untuk bantu kurangi nervous. Tapi, bukan berarti harus diucapkan keras-keras sih, soalnya nanti kamu malah dibilang aneh karena bicara sendiri dan bisa membuat teman nggak fokus untuk kerja. Apalagi kalau mulut kamu juga baunya menyengat, makanya kebersihan gigi dan mulut wajib dijaga, misalnya dengan minum air mineral yang cukup untuk bantu memicu produksi air liur yang bisa melawan kuman dalam mulut.

 

Rekam

Waktu belajar soal materi presentasi, jangan lupa rekam suara kamu dengan menggunakan smartphone. Jadi, di perjalanan kamu masih bisa mengingat lagi resume presentasi yang baru dipelajari. Menurut penelitian, belajar dengan cara mendengar suara rekaman sendiri bisa bantu meningkatkan kemampuan memori dalam mengingat berbagai hal.  

 

Jadwal presentasi yang mendadak mungkin bisa membuat kita jadi kurang pede karena kurangnya waktu untuk melakukan persiapan. Tapi, dengan melakukan tips tadi dan mengatasi bau mulut, semoga bisa bantu kamu lebih siap menghadapi presentasi dadakan dengan client, ya.

Untuk membuat napas segar maksimal, kamu butuh perawatan mulut yang ekstra. Salah satunya, berkumur dengan mouthwash LISTERINE® Multi Protect. Kandungan 4 minyak esensial, zinc, dan flouride di dalam mouthwash ini, terbukti dapat melawan 99,9% kuman, mengurangi plak hingga 56%, mencegah karang gigi, mencegah gigi berlubang, membuat napas segar, dan menjaga kesehatan gusi.

Riset di tahun 2016 membuktikan bahwa, pengguna LISTERINE® ternyata berani terima tantangan belajar materi presentasi dalam 10 menit! Nah, gimana dengan kamu? Apakah kamu sudah berkumur menggunakan mouthwash LISTERINE® hari ini?