Skip to main content

Title

4 Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Gigi

4-kebiasaan-makan-yang-bisa-merusak-gigi.jpg

Jalan-jalan menikmati kuliner lokal, bisa jadi salah satu kegiatan yang seru untuk dilakukan saat weekend. Tapi secara nggak sadar, kebiasaan makan saat menikmati jajanan favorit ini, ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan gigi. Supaya tetap sehat, kamu perlu melakukan beberapa cara menjaga kesehatan gigi dengan tepat.

Menyikat gigi saja belum cukup untuk merawatnya dengan baik, kamu juga perlu membiasakan diri berkumur dengan mouthwash secara teratur. Selain bisa membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan, kebiasaan ini dapat membantumu mengatasi bau mulut setelah melahap makanan favorit.

Kalau belum sempat menggosok gigi dan berkumur sehabis makan, minimal kamu bisa menghindari beberapa kebiasaan makan ini. Supaya, gigi kamu nggak mudah rusak.

  • Mengunyah Es Batu

Punya kebiasaan seperti ini? Menurut informasi dari British Dental Association, mengunyah es batu berisiko merusak lapisan email gigi. Ini disebabkan oleh temperaturnya yang dingin, dan juga teksturnya yang keras. Bila dikunyah dalam mulut, maka perbedaan suhu ekstrem akan terjadi. Selain itu, gigi juga mengalami tumbukan yang keras, sehingga bisa menyebabkan retak kecil pada lapisan terluarnya. Untuk mencegah hal ini, setiap memesan minuman dingin, pastikan kamu tidak mengunyah es batunya, ya. 

 

  • Menambahkan Cuka Terlalu Banyak

Tekstur cuka yang encer, bisa membuat kita menuangkannya terlalu banyak ke dalam semangkuk bakso. Alhasil, kuah bakso akan terasa asam dan dapat menyebabkan pengikisan lapisan email pada gigi. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan gigi sensitif, sebab lapisan yang berada di bawahnya mengalami kontak langsung dengan makanan atau minuman.

 

Saat sedang makan bakso atau makanan berkuah asam seperti pempek, sebaiknya kamu jangan menuangkan kuah terlalu banyak ke dalam mangkuk. Ini untuk meminimalkan terkikisnya email gigi oleh kandungan asam dalam makanan. Selingi waktu makan dengan minum air mineral, untuk membantu membersihkan gigi dari kuah makanan yang asam.

 

  • Menyantap Makanan Panas Lalu Minum Es

Perubahan suhu yang ekstrem di permukaan gigi akibat kebiasaan makan ini, dapat menyebabkan keretakan kecil pada email gigi. Itulah sebabnya, kenapa kamu sebaiknya mengindari minum es setelah melahap makanan yang panas. Selain itu, kamu juga sebaiknya jangan langsung melahap makanan yang masih panas. Biarkan suhunya turun dulu, setelah cukup hangat baru disantap.

 

  • Membuka Bungkus Makanan dengan Gigi

Berdasarkan studi dari Dental Health Center, Manchester, menggunakan gigi untuk membuka kemasan makanan dapat menyebabkan tekanan kuat pada gigi, terutama pada bagian depan. Ini bisa mengakibatkan keretakan halus pada permukaan gigi. Mulai sekarang, saat membuka kemasan kerupuk atau keripik yang dijajakan di kaki lima, gunakanlah jari atau gunting. Ini salah satu cara menjaga kesehatan gigi yang dapat dilakukan ketika sedang berburu kuliner lokal.

 

Dengan memiliki gigi dan mulut sehat, tentunya kamu bisa lebih menikmati cita rasa kuliner khas Indonesia. Bantu rawat gigi dan mulut secara lebih efektif dengan cara berkumur menggunakan LISTERINE® Tartar Control. Dilengkapi dengan kandungan ion zinc, antiseptik mouthwash ini dapat menghilangkan plak 56% lebih banyak dan menghambat pembentukan tartar atau karang gigi.

Nah, setiap bikin rencana jalan-jalan untuk mencicipi jajanan favorit, pastikan kamu hindari empat kebiasaan makan tadi. Hal ini juga termasuk salah satu cara menjaga kesehatan gigiGampang, kan?