Skip to main content

Title

Lakukan 4 Hal Ini Supaya Tidak Mudah Lemas saat Puasa

lakukan-4-hal-ini-supaya-tidak-mudah-lemas-saat-puasa.png

Siapa bilang, puasa malah membuat tubuh jadi lemas dan menurunkan semangat untuk beraktivitas? Coba, cek lagi bagaimana kamu menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa ini. Mungkin, kamu masih belum melakukan pola hidup sehat selama puasa, seperti mengonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan merawat kebersihan mulut. Ini juga penting, karena kondisi mulut yang kering saat puasa bisa menimbulkan masalah seperti bau mulut. Untuk bantu menyegarkan napas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash terbaik

Dengan napas yang segar dan tubuh yang sehat, pastinya kamu bisa lebih siap untuk menjalani aktivitas seperti biasa di bulan Ramadan. Oleh karena itu, kamu butuh menjaga kondisi tubuh tetap fit. Yuk, simak caranya di bawah ini!

  • Istirahat yang Cukup

Kurangnya waktu istirahat, bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas saat berpuasa. Jadi, sebaiknya kamu tetap menjaga lama waktu tidur dengan normal yaitu sekitar 6-8 jam, meskipun harus bangun saat sahur. Caranya, tidur lebih awal dari biasanya, dan juga manfaatkan waktu istirahat siang untuk melakukan power nap.   

  • Jangan Skip Sahur

Melewatkan waktu makan sahur, akibatnya bisa membuat stamina tubuh jadi turun saat melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, sebaiknya kamu konsumsi menu makanan yang bergizi seimbang saat sahur supaya bisa mengisi energi tubuh selama berpuasa seharian. Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oat, sereal, dan kentang, juga makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur, bisa membuatmu tetap bernergi saat berpuasa karena lebih lama dicerna oleh tubuh. Setelah sahur, jangan lupa jaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi dan berkumur dengan menggunakan mouthwash. Dengan begitu, kondisi mulut bisa jadi lebih nyaman dan membuatmu lebih siap menjalani hari.

  • Cegah Dehidrasi

Jangan sampai cairan dalam tubuh banyak berkurang saat berpuasa, karena bisa menyebabkan dehidrasi. Makanya, kamu butuh minum air mineral yang cukup, yaitu sekitar 1,5-2 liter mulai dari waktu berbuka puasa sampai menjelang sahur. Selain itu, untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya kurangi aktivitas fisik selama berpuasa, terutama kegiatan di luar ruangan pada siang hari.

  • Tetap Olahraga

Bulan puasa, jangan jadi alasan untuk absen dari olahraga. Ini penting terus dilakukan, supaya tubuh tetap bugar dan bisa menjaga berat badan tetap ideal. Misalnya, berjalan kaki untuk berburu takjil, jogging, main sepeda, atau yoga selama 15-30 menit sebelum berbuka puasa. Jadi, sebaiknya pilih olahraga yang ringan, supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Nah, sambil menjaga tubuh tetap fit selama puasa, jangan lupa jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi, juga menyikat lidah secara teratur. Supaya kebersihan mulut terjaga dengan maksimal, biasakan berkumur dengan mouthwash terbaik setelahnya.

Mouthwash yang sudah direkomendasikan oleh dokter gigi di Indonesia dan juga di dunia seperti LISTERINE® Natural Green Tea, bisa jadi salah satu pilihan efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, obat kumur gigi dengan ekstrak green tea ini mengandung 4 essentials oil yang terbukti klinis melawan 99,9% kuman penyebab plak dan bau mulut, juga bantu melapisi email gigi supaya tidak mudah berlubang dengan formula double-flouride di dalamnya.

Dengan kondisi gigi yang sehat dan tubuh yang fit, pastinya bisa membuatmu lebih siap untuk menunjukkan senyum terbaikmu. Bahkan, cuma dengan #BERBAGISENYUM kamu bisa bantu adik-adik dengan bibir sumbing untuk tersenyum lebih lebar. Yuk, bagikan senyummu di sini, dan terus lakukan kebiasaan berkumur dengan mouthwash terbaik supaya kamu bisa senyum lebih lebar selama puasa.