Skip to main content

Pentingnya Penggunaan Obat Kumur Selama Berpuasa

Obat kumur baik untuk digunakan setiap hari, apalagi saat bulan puasa ketika mulut cenderung kering karena kurangnya asupan cairan. Selain memberikan perlindungan ekstra terhadap gigi dan mulut, obat kumur juga bisa membuat napas Anda lebih segar selama berpuasa.

Saat berpuasa, produksi air liur menjadi berkurang. Padahal, air liur berfungsi sebagai pembersih alami mulut dari bakteri dan sisa makanan. Oleh karena itu, jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik selama berpuasa, risiko untuk mengalami bau mulut, sariawan, hingga masalah gusi kemungkinan akan meningkat..

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa, Anda dianjurkan untuk rutin menyikat gigi 2 kali sehari, setiap setelah sahur dan sebelum tidur, membersihkan sela gigi dengan benang gigi (flossing), serta berkumur dengan obat kumur (mouthwash) secara rutin..

Menyikat gigi berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang berukuran besar atau plak yang menempel pada permukaan gigi, benang gigi berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi, sementara obat kumur berperan membersihkan area yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi maupun benang gigi.

3._pentingnya_penggunaan_obat_kumur_selama_berpuasa-min.jpg

Manfaat Penggunaan Obat Kumur Selama Berpuasa

Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan obat kumur selama berpuasa yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu mengurangi bau mulut

Sesudah menyikat gigi dan melakukan flossing, kemungkinan masih ada serpihan makanan dan kumpulan bakteri yang tersisa di dalam mulut. Walaupun jumlahnya sedikit, ini masih bisa menyebabkan bau mulut.

Obat kumur dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri hingga ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Selain itu, obat kumur juga dapat menyegarkan napas Anda.

Agar manfaat ini dapat dirasakan dari pagi hingga menjelang berbuka, Anda dianjurkan untuk memilih obat kumur yang bisa membuat mulut tetap segar lebih lama.

2. Membantu mencegah gigi berlubang

Saat berpuasa, asupan cairan kita berkurang dan mulut bisa menjadi lebih kering. Akibatnya, jumlah bakteri di dalam mulut makin bertambah. Ditambah lagi saat berbuka puasa, kita cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Kedua hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang.

Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan menggunakan obat kumur secara teratur, di samping menyikat gigi dan melakukan flossing. Selain ampuh dalam melawan bakteri penyebab gigi berlubang, obat kumur juga mengandung fluoride yang bisa melindungi lapisan gigi yang telah menipis dan akan menjadi lubang.

3. Melindungi dari risiko sariawan

Munculnya sariawan bisa sangat menjengkelkan karena akan mengganggu makan dan minum saat Anda sahur maupun berbuka puasa. Bila sariawan muncul di bulan puasa, cobalah menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik secara teratur.

Antiseptik dalam obat kumur berguna untuk melawan bakteri-bakteri yang bisa memicu terjadinya risiko sariawan.

4. Menjaga kesehatan gusi

Berpuasa selama sebulan penuh dapat menyebabkan penumpukan plak dan meningkatkan risiko radang gusi bila tidak dibarengi dengan upaya menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap harinya. Oleh karena itu, Anda perlu rutin menyikat gigi, melakukan flossing, dan berkumur menggunakan obat kumur.

Obat kumur yang mengandung minyak esensial, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicylate, dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan menjaga gusi tetap sehat jika Anda rajin menggunakannya secara teratur. Keempat minyak esensial ini memiliki sifat antibakteri/antiseptik yang dapat melindungi gigi dan gusi.

Pilihan Obat Kumur yang Tepat Selama Berpuasa

Pada umumnya, ada dua jenis obat kumur yang bisa Anda temui di pasaran, yaitu obat kumur kosmetik yang berfungsi untuk menghilangkan bau mulut saja dan obat kumur antiseptik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Kedua jenis obat kumur tersebut sebenarnya sama-sama baik untuk digunakan. Namun, guna menjaga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi secara maksimal selama berpuasa, sebaiknya Anda memillih jenis obat kumur antiseptik.

Lebih baik lagi bila Anda memilih obat kumur antiseptik yang dilengkapi dengan minyak esensial dan ekstrak siwak, seperti LISTERINE® Antiseptic mouthwash Siwak.

Siwak (Salvadora persica) adalah tanaman tradisional dari Timur Tengah yang telah digunakan sebagai pembersih gigi sejak ribuan tahun yang laku. Memiliki sifat antijamur dan antivirus, siwak juga memiliki kemampuan melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Sementara itu, kandungan 4 minyak esensial pada LISTERINE® Antiseptic mouthwash Siwak dapat mengurangi 99,9% kuman penyebab bau mulut, serta plak dan masalah gusi karena kuman. Kandungan ini juga dapat membuat napas menjadi lebih segar hingga 12 jam.

Yuk, gunakan LISTERINE® Antiseptic mouthwash Siwak setelah makan sahur dan sebelum tidur agar mulut ekstra bersih hingga 12 jam selama berpuasa.

Referensi:

Alshehri F. A. (2018). The Use of Mouthwash Containing Essential Oils (LISTERINE®) To Improve Oral Health: A Systematic Review. The Saudi Dental Journal. 30(1), pp. 2– 6.

Al-Dabbagh, S. A., Qasim, H. J., & Al-Derzi, N. A. (2016). Efficacy of Miswak Toothpaste and Mouthwash on Cariogenic Bacteria. Saudi Medical Journal. 37(9), pp. 1009–1014.

Haque, M. M., & Alsareii, S. A. (2015). A Review of The Therapeutic Effects of Using Miswak (Salvadora Persica) On Oral Health. Saudi Medical Journal. 36(5), pp. 530– 543.

Adler, I., et al. (2014). Helicobacter Pylori and Oral Pathology: Relationship with the Gastric Infection. World Journal of Gastroenterology: WJG, 20(29), pp. 9922.

Masadeh, M. M. et al. (2013). Antimicrobial Activity of Common Mouthwash Solutions on Multidrug-Resistance Bacterial Biofilms. Journal of Clinical Medicine Research. 5(5), Pp. 389–394.

Song, H. Y., & Li, Y. (2013). Can Eradication Rate of Gastric Helicobacter Pylori Be Improved by Killing Oral Helicobacter Pylori?. World journal of gastroenterology, 19(39), pp. 6645–6650.

American Dental Association (2019). Mouthwash (Mouthrinse).

NHS Inform of Scotland (2020). Dry Mouth.

Whelan, C. Healthline (2019). The Best Mouthwashes for Your Smile.

Salinas, T. J. Mayo Clinic (2017). Dry Mouth Treatment: Tips for Controlling Dry Mouth.

Cunha, J. P. Medicinenet (2019). Canker Sores (Causes, Home Remedies, Treatment, And Prevention).

Watson, S. Verywell Health (2019). Canker Sore Remedies That Actually Work.

Jaret, P. Webmd (2015). What You Can Do about Bad Breath.

Mayoclinic. Canker Sore.