Skip to main content

Pentingnya Menjaga Mulut Tetap Bersih dan Sehat di Usia 40-an

Seiring pertambahan usia, Anda dianjurkan untuk lebih rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, orang yang berusia 40 tahun ke atas mulai mengalami penurunan fungsi tubuh. Hal ini membuat tubuh Anda lebih rentan mengalami masalah kesehatan, termasuk pada area gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut penting untuk selalu dijaga karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, saat gigi atau gusi terinfeksi, kuman penyebab infeksi di dalam mulut dapat menyebar ke organ lain.

Bila kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga, penyakit bukan hanya bisa timbul pada area ini, tapi juga pada organ lainnya yang terserang kuman dari gigi dan mulut. Beberapa penelitian juga bahkan menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang kurang terjaga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

6._mulut_tetap_bersih_dan_sehat_di_usia_40-an.jpg

Lakukan Hal Ini agar Mulut dan Gigi Selalu Sehat

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di usia 40-an atau lebih, Anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini:

1.  Sikat gigi 2 kali sehari

Bersihkan gigi setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Saat menyikat gigi, gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikatlah gigi secara perlahan dan jangan terburu-buru agar tidak melukai gusi Anda.

Sikat gigi perlu diganti tiap 3–4 bulan atau jika bulu sikatnya sudah rusak. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah risiko penyebaran infeksi akibat kuman yang menempel di sikat gigi dan agar gigi Anda dapat dibersihkan dengan lebih efektif.

2.  Gunakan benang gigi

Sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel di sudut atau sela-sela gigi yang sempit. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan penumpukan plak yang lama-kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Oleh karena itu, bersihkan sela gigi dengan benang gigi (flossing) tiap kali Anda selesai menyikat gigi. Lakukan flossing secara perlahan agar tidak melukai gusi Anda.

3.  Lengkapi dengan obat kumur (mouthwash)

Lengkapi perawatan mulut dan gigi Anda dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash). Namun, hindari menggunakan mouthwash saat baru selesai menyikat gigi, karena akan menghilangkan fluoride dari pasta gigi yang sudah melapisi permukaan gigi. Pilih waktu lain untuk menggunakan obat kumur, misalnya usai makan siang.

Mouthwash tak hanya menjauhkan Anda dari bau mulut dan membuat napas Anda lebih segar. Menurut penelitian, obat kumur juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan mulut dan gigi, seperti membantu mengurangi plak, menjaga kesehatan gusi, dan melindungi gigi.

Sebagai catatan, Anda juga disarankan untuk tidak makan atau minum setidaknya 30 menit setelah menggunakan mouthwash. Hal ini guna mengurangi risiko tertelannya zat atau bahan aktif yang terkandung di dalam obat kumur.

4.  Batasi konsumsi makanan atau minuman manis

Pertumbuhan bakteri di dalam mulut akan meningkat apabila Anda sering mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini terjadi karena bakteri jahat menggunakan gula sebagai sumber energinya. Ketika mencerna gula, bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi.

Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman manis yang banyak mengandung gula, seperti minuman bersoda, coklat, es krim, dan permen. Selain itu, membatasi konsumsi gula juga dapat mencegah Anda terkena diabetes.

Bila Anda mengonsumi makanan dan minuman manis, segeralah minum air putih atau berkumur dengan air putih atau mouthwash untuk mencegah gula menempel di gigi dan di dalam mulut.

5.  Jauhi rokok

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan merusak berbagai organ tubuh, termasuk mulut, gigi, dan gusi.

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang merokok memiliki risiko 2 kali lebih tinggi untuk mengalami masalah pada gusi, misalnya radang gusi, dibandingkan orang yang tidak merokok. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan, berhentilah merokok. Selain itu, hindari juga paparan asap rokok.

6.  Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Alkohol dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut, antara lain terbentuknya plak dan gigi menjadi lebih kuning.

Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga menyebabkan berkurangnya produksi air liur yang membuat mulut kering, sehingga gigi dan mulut rentan mengalami kerusakan dan infeksi. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut.

7.  Periksakan gigi secara rutin

Masalah gigi dan mulut di tahap awal sering kali tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi. Gejala umumnya baru muncul saat kondisi sudah parah. Oleh karena itu, periksakanlah gigi secara rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulut Anda terpantau dengan baik.

Dengan pemeriksaan rutin, dokter dapat mendeteksi masalah pada gigi dan mulut Anda lebih dini, sehingga penanganan dapat segera dilakukan. Dengan begitu, gangguan pada gigi dan mulut Anda juga akan lebih mudah diatasi.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi sebenarnya tidak sulit. Kuncinya adalah menjalani upaya-upaya di atas secara konsisten dan menjadikannya suatu kebiasaan atau bagian dari rutinitas Anda sehari-hari.

Artikel ini direview oleh: Alodokter

Referensi:

Ustrell-Borràs, M., Traboulsi-Garet, B., & Gay-Escoda, C. (2020). Alcohol-based Mouthwash as a Risk Factor of Oral Cancer: A Systematic Review. Medicina Oral, Patologia Oral y Cirugia Bucal. 25(1), pp. e1–e12.

Casamassimo, et al. (2018). Recognizing the Relationship Between Disorders in the Oral Cavity and Systemic Disease. Pediatric Clinics of North America. 65 (5), pp. 1007-1032.

Skafida, V. & Chambers, S. (2018). Positive Association Between Sugar Consumption and Dental Decay Prevelance Independent of Oral Hygiene in Pre-School Children: A Longitudinal Prospective Study. Journal of Public Health (Oxford, England). 40(3), pp. e275-e283.

Kane, S.F. (2017). The Effects of Oral Health on Systemic Health. General Dentistry. 65 (6), pp. 30-34.

Mouth Healthy, American Dental Association. Healthy Habits.

Mouth Healthy, American Dental Association. Top 9 Foods That Damage your Teeth.

Centers for Disease Control and Prevention (2020). Tips From Former Smokers.

Smoking, Gum Disease, and Tooth Loss.

National Health Service UK (2018). Live Well. How to Keep Your Teeth Clean.

Martin, L.J. National Institutes of Health (2020). U.S. National Library of Medicine. Aging Changes in Teeth and Gum.

My Health Finder, U.S. Department of Health & Human Services (2020). Oral Health for Older Adults: Quick Tips.

Diabetes UK. Does Sugar Cause Diabetes?

Mayo Clinic (2019). Oral Health: Brush Up on Dental Basics.

Mayo Clinic (2019). Diseases & Conditions. Tooth Abscess.

Family Doctor, American Academy Family of Physicians (2017). Mouth and Teeth: How to Keep Them Healthy.

Carey, E. Healthline (2017). What Does Alcohol Do to Your Teeth?

Watson, K. Healthline (2019). Everything You Need to Know About Using Mouthwash.

Watson, K. Healthline (2019). How Long Does a Toothbrush Last and When Should I Replace It?

WebMD (2019). Dental Care for Seniors.