Skip to main content

Mengenal Siwak, Sikat Gigi Alami Sejak Zaman Dulu

image-article-15-listerine.jpg

Sejak kita kecil, orang tua kita pasti sudah membiasakan kita untuk menyikat gigi sebelum tidur. Ngaku, deh, berapa dari kamu yang malah ingin kabur atau pura-pura tidur saat disuruh untuk sikat gigi sebelum tidur? Pasti ada yang pernah seperti ini. He-he-he.

Ngomong-ngomong soal sikat gigi, zaman sekarang, sikat gigi itu bentuknya sudah bermacam-macam. Walau mayoritas sudah berbahan dasar plastik, tapi sekarang sudah banyak juga orang yang mulai memerhatikan kelestarian alam sehingga memilih untuk menggunakan sikat gigi yang eco-friendly. Biasanya sikat gigi ini berbahan dasar bambu dan charcoal atau arang. Tapi tahukah kamu kalau sudah dari zaman dulu ada sikat gigi yang eco-friendly dan bebas dari bahan kimia?

Siwak, si sikat gigi alami

Siwak dikenal sebagai sikat gigi alami yang sudah dipakai sejak 7000 tahun lalu. Siwak atau miswak berasal dari ranting atau batang dari pohon arak (persica savadora) yang memiliki khasiat sama dengan sikat gigi yang kita pakai sekarang ini. Malah, siwak dinilai lebih baik karena tidak mengandung bahan kimia seperti yang ada di dalam pasta gigi.

Siwak atau miswak masih populer sampai saat ini, terutama di negara jazirah Arab. Hal ini juga dipengaruhi oleh budaya Islam yang kentar, yang dalam ajarannya dianjurkan untuk membersihkan gigi dengan siwak ketimbang dengan sikat gigi dan odol.

Manfaat menyikat gigi dengan siwak

Walau terlihat ketinggalan zaman, ternyata siwak memiliki manfaat yang sama baiknya dengan pasta gigi yang sekarang kita kenal. Dalam siwak sendiri terkandung:

- Alkaloid yang berfungsi sebagai antibakteri

- Silika yang mampu menghilangkan noda pada gigi

- Kalsium, Klorida, dan Fluorida yang bisa remineralisasi struktur gigi

Wah, ternyata hampir sama dengan pasta gigi yang kita tahu. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan siwak sebagai alat pembersih gigi, antara lain:

1. Mempertahankan warna asli gigi

Bagi orang yang gemar mengonsumsi kopi atau teh, atau memiliki kebiasaan merokok, memiliki gigi yang kuning merupakan hal yang biasa. Namun siwak bisa mengatasi hal ini karena mengandung Silika yang mampu menghilangkan noda dan mempertahankan warna gigi.

2. Mencegah gigi berlubang

Zaman modern ini, semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan serba manis dan tidak heran kalau semakin banyak kasus gigi bermasalah karena berlubang. Karena jika tidak dibersihkan dengan maksimal, sisa-sisa makanan tersebut bisa menyebabkan gigi keropos dan berlubang.

Dengan menggunakan siwak, kamu bisa mencegah gigi berlubang karena siwak terbukti dapat memperkuat lapisan enamel dengan kandungan sodium klorida, sodium bikarbonat, dan kalsium di dalamnya.

3. Atasi bau mulut yang tak sedap

Karena siwak mengandung anitbakteri yang alami, siwak juga berguna untuk mengatasi bau mulut tak sedap atau halitosis. Siwak, seperti akar-akar lainnya, juga memiliki wangi khas yang dapat mencegah bau mulut tak sedap. Jadi sebenarnya fungsinya tidak kalah dengan pasta gigi, ya.

Tapi membersihkan gigi dengan siwak saja tidak cukup, karena seperti sikat gigi pada umumnya, jangkauan siwak dalam membersihkan gigi tidaklah maksimal. Maka itu tetap disarankan untuk menggunakan obat kumur atau mouthwash agar kebersihan gigi tetap terjaga secara utuh.

Ternyata manfaat siwak banyak banget ya, dan untuk menjaga kesehatan mulut sikat gigi saja tidak cukup, karena gigi hanya sekitar 25% dari rongga mulut sehingga untuk kebersihan mulut yang optimal gunakan obat kumur. Gunakan LISTERINE® SIWAK dengan bahan alami ekstrak siwak, bantu menjaga kesegaran mulut hingga 12 jam. Selain itu, LISTERINE® mengandung 4 essential oil yang unik, yaitu Thymol, Menthol, Methyl Salicylate, and Eucalyptol, LISTERINE® mampu menumpas 99.9% bakteri penyebab bau mulut, menghambat pertumbuhan plak 56%, dan mengurangi radang gusi sebanyak 36%. Dan varian ini sudah tersertifikasi Halal oleh MUI

Dengan nafas mu yang segar, kamu bisa lebih percaya diri menjalani aktivitasmu.

Jadi semakin lengkap, kan? Tetap jaga kebersihan gigimu, ya!