Skip to main content

Inilah Manfaat Obat Kumur untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. Anda juga perlu menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut secara maksimal. Dengan begitu, mulut tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari penyakit.

Sisa-sisa makanan di sela gigi lambat laun akan menumpuk dan membentuk plak yang menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Bakteri pada plak akan menghasilkan asam yang bisa mengikis lapisan luar gigi (enamel) dan menimbulkan beragam masalah, seperti bau mulut, gigi berlubang, dan radang gusi.

Masalah yang ditimbulkan bakteri ini tidak terbatas hanya pada lapisan luar gigi dan gusi. Dalam kasus yang lebih parah, plak bahkan dapat merusak akar gigi dan tulang penopang gigi. Jadi, kebersihan mulut tidak boleh disepelekan, ya.

5._inilah_manfaat_obat_kumur_untuk_menjaga_kesehatan_mulut-min.jpg

Manfaat Obat Kumur Berdasarkan Kandungannya

Supaya kesehatan mulut senantiasa terjaga, Anda dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari atau setiap sehabis makan, serta berkumur dengan obat kumur (mouthwash) secara rutin.

Meski hanya sebagai pelengkap, obat kumur tetap memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan mulut. Cairan yang beraroma segar ini berperan untuk membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, baik di sela gigi maupun sudut-sudut rongga mulut.

Selain itu, obat kumur juga diketahui bisa membantu melawan bakteri penyebab masalah di rongga mulut. Jadi, berkumur dengan obat kumur dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada gigi dan melindungi Anda dari risiko mulut.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda tidak bisa asal memilih obat kumur. Pastikan Anda memilih obat kumur yang mengandung bahan-bahan aktif berikut ini:

Fluoride

Pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride. Bahan aktif ini dapat membantu memperlambat terkikisnya mineral pembentuk enamel serta melapisi kembali enamel yang mulai menipis. Tidak hanya itu, fluoride juga mampu memperlambat pertumbuhan bakteri jahat pada mulut dan menghentikan pengeroposan gigi pada tahap awal.

Minyak esensial

Anda bisa memilih obat kumur yang diperkaya bahan antiseptik alami, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicylate. Bahan-bahan dari ekstrak tanaman ini mengandung senyawa antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat di mulut. Jadi, Anda bisa terlindungi dari berbagai masalah pada mulut.

Ekstrak teh hijau

Obat kumur yang mengandung ekstrak teh hijau mampu melindungi enamel gigi yang telah menipis serta menurunkan tingkat keasaman air liur sehingga membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Selain itu, senyawa pada teh hijau juga bisa mengurangi plak dan mengurangi bakteri jahat di rongga mulut.

Obat kumur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, Anda perlu ingat, penggunaan obat kumur harus disertai dengan menyikat gigi secara teratur, membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (dental floss), mengonsumsi makanan rendah gula, dan memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan.

Yuk, miliki gigi dan gusi yang tetap sehat dengan menggunakan LISTERINE® Antiseptic mouthwash Green Tea secara teratur. Dengan kandungan empat minyak esensial, fluoride & ekstrak green tea, LISTERINE® Antiseptic mouthwash Green Tea mampu melawan kuman penyebab gigi berlubang serta menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Referensi:

Akkaoui, A., & Ennibi, O. (2017). Use of Traditional Plants in Management of Halitosis in a Moroccan Pulation. Journal of Intercultural Ethnopharmacology. 6(3), pp. 267–273.

Singhal, et al. (2017). Probable Benefits of Green Tea with Genetic Implications.

Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, 21(1), pp. 107–114.

Khurshid, et al. (2016). Green Tea (Camellia Sinensis): Chemistry and Oral Health.

Open Dentistry Journal, 10, pp. 166-167.

Prasad, et al. (2016). The Clinical Effectiveness of Post-Brushing Rinsing in Reducing Plaque and Gingivitis: A Systematic Review. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 10(5), ZE01–ZE7.

Ciancio, S.G. (2015). Mouthwashes: Rationale for Use. American Journal of Dentistry, 28 (Spec A), 4A-8A.

Bollen, C., & Beikler, T. (2012). Halitosis: The Multidisciplinary Approach. International Journal of Oral Science. 4(2), pp. 55–63.

American Dental Association (2019). Oral Health Tips. Cafasso, J. Healthline (2018). What Is Fluoride, and Is It Safe?

Groves, M. Healthline (2018). 12 Science-Backed Benefits of Peppermint Tea and Extracts.

Mayo Clinic (2019). Healthy Lifestyle. Oral Health: A Window to Your Overall Health.

Moawad, H. Verywell Health (2020). The Health Benefits of Fluoride.

WebMD (2019). Plaque and Your Teeth.

WebMD. Eucalyptus.