Skip to main content

Ini Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut Anak Usia 6–12 Tahun

Mengajarkan anak tentang pentingnya memelihara kesehatan dan kebersihan mulut penting untuk dilakukan orang tua, apalagi jika Si Kecil berusia 6–12 tahun. Anak usia ini umumnya sudah mulai gemar jajan aneka jenis makanan di sekolahnya.

Kondisi mulut dan gigi yang tidak terawat bisa menyebabkan bakteri dalam mulut berkembang biak secara tidak terkendali, sehingga rawan menimbulkan masalah gusi serta kerusakan gigi.

Namun, merawat gigi juga merupakan perilaku yang harus dibiasakan sejak kecil. Jadi, peran Bunda sebagai orang tua adalah mengajarkan cara-cara merawat gigi kepada Si Kecil dan menerapkan kebiasaan sehat yang dapat melindungi dari masalah gigi dan gusi.

7._ini_cara_menjaga_kesehatan_dan_kebersihan_mulut_anak_usia_6_sampai_12_tahun.jpg

Agar Mulut Anak Selalu Sehat, Begini Caranya!

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda terapkan pada anak berusia 6–12 tahun agar gigi dan mulutnya sehat:

1. Ajari anak cara menyikat gigi yang benar

Akan sulit bagi anak untuk bisa menyikat gigi dengan benar jika tidak ada yang mencontohkannya. Oleh karena itu, orang tua perlu memperlihatkan cara menyikat gigi yang benar kepada anak. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang.

Biasanya, anak mulai bisa menyikat gigi sendiri di usia 7–8 tahun. Namun, setelah itu pun orang tua dianjurkan untuk tetap mendampingi anak menyikat gigi, baik di pagi hari maupun malam hari, sampai ia terbiasa melakukan langkah menyikat gigi yang benar.

2. Batasi jajanan manis dan berikan camilan sehat

Anak-anak usia sekolah umumnya menyukai jajanan, apalagi saat mereka sedang di sekolah dan bersama teman-temannya. Jajanan yang disukai anak-anak pun umumnya camilan manis yang mengandung banyak gula. Makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan gigi.

Oleh karena itu, Bunda perlu mengingatkan Si Kecil untuk tidak membeli makanan atau minuman manis terlalu sering. Sebagai penggantinya, Bunda bisa membekali Si Kecil dengan camilan sehat berupa campuran buah potong atau makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, seperti susu, yoghurt, atau keju.

3. Berikan obat kumur

Untuk mencapai kebersihan gigi dan mulut yang maksimal, menyikat gigi saja tidak cukup. Diperlukan juga obat kumur untuk membersihkan area yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi, misalnya sela-sela gigi dan pangkal tenggorokan.

Namun, Bunda harus ingat, obat kumur hanya dianjurkan untuk anak yang berusia di atas 6 tahun. Hal ini karena anak di usia tersebut umumnya sudah bisa berkumur dengan baik sehingga tidak berisiko menelan cairan obat kumur.

Berilah Si Kecil obat kumur dengan rasa yang ringan dan dilengkapi dengan minyak esensial, seperti LISTERINE® Antiseptic mouthwash MULTIPROTECT ZERO. Produk ini mampu mengurangi 99,9% bakteri jahat penyebab gigi berlubang dan masalah gusi.

Tidak hanya itu, LISTERINE® Antiseptic mouthwash MULTIPROTECT ZERO juga bisa membuat napas menjadi lebih segar hingga 12 jam dan mengandung fluoride yang dapat menambal atau melapisi dinding gigi, sehingga kekuatan dan kesehatan gigi Si Kecil tetap terjaga.

Itulah cara-cara yang bisa Bunda terapkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut anak usia 6–12 tahun. Selain menerapkan cara-cara tersebut, jangan lupa ajak Si Kecil ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan gigi rutin, ya, Bunda.

Referensi:

Thornton-Evans, G., Et Al. (2019). Use of Toothpaste and Toothbrushing Patterns Among Children and Adolescents - United States, 2013-2016. MMWR. Morbidity and Mortality Weekly Report. 68(4), Pp. 87–90.

Melo, P. Et Al. (2018). The Effectiveness of The Brush Day and Night Programme In Improving Children's Toothbrushing Knowledge and Behaviour. International Dental Journal. 68 (Suppl 1), Pp. 7-16.

American Dental Association (2019). Mouthwash (Mouthrinse).

Better Health Australia. Soft Drinks, Juice and Sweet Drinks – Children.

Dental Health Services Victoria. Top 10 Oral Health Tips for Primary School Children (5–12 Years).

Mayo Clinic (2019). Oral Health: A Window to Your Overall Health.

Cleveland Clinic (2019). Parents: You May Not Start Brushing Your Child’s Teeth as Soon as You Should ― And Yes, It’s A Big Problem!

Alli, R. A. WebMD (2018). Brushing and Flossing Children's Teeth.