Skip to main content

Ini 3 Penyakit Serius Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Jalani Keseharianmu tanpa Rasa Khawatir dengan LISTERINE® Gum Care!

Mengapa kesehatan gigi dapat mempengaruhi keseluruhan kesehatan tubuh? Menurut penelitian, penyakit gigi dan mulut dapat menimbulkan penyakit kronis yang cukup membahayakan tubuh. Sehingga pemeliharaan kesehatan gigi sangat disarankan. Rongga mulut menjadi salah satu jalan utama bagi bakteri untuk masuk bagian tubuh lain. Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah. Bila mulut memiliki kesehatan yang baik maka bakteri yang masuk ke aliran darah akan berjumlah sedikit. Sebaliknya, jika kesehatan mulut tidak baik maka jumlah bakteri yang masuk lewat aliran darah akan meningkat berkali lipat hingga sepuluh kali. Berikut 3 penyakit kronis yang dapat timbul akibat buruknya kesehatan mulut dan gigi.

1. Radang Gusi

Radang gusi atau dalam istilah kedokteran disebut Ginggivitis merupakan sebuah kondisi dimana gusi menjadi bengkak dan berwarna lebih merah dari seharusnya.

Salah satu pertanda adanya Radang Gusi ialah keluar darah saat menyikat gigi. Hal tersebut terjadi karena plak dan karang gigi yang menempel di pinggir gusi. Radang Gusi dapat memburuk jika tidak diobati dengan tepat. Ginggivitis dapat berubah menjadi komplikasi dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi yaitu periodontitis atau peradangan gusi yang dapat merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.

2. Penyakit jantung

Kuman pada rongga dapat menyebabkan penyakit Periodental atau infeksi kronis pada gusi. Periodental juga kerap kali dikaitkan dengan meningkatkannya risiko serangan jantung. Kuman pada mulut bergerak melalui aliran darah yang pada akhirnya membantu plak untuk menumpuk di arteri. Bakteri yang bergerak di aliran darah juga dapat melaju dan hinggap di jantung. Maka dari itu, kuman mulut sebaiknya tidak disepelekan karena secara tidak sadar dapat mengganggu organ penting tubuh seperti jantung.

3. Gangguan Pernapasan

Selain bergerak ke jantung, bakteri pada mulut juga dapat bergerak ke paru-paru. Seseorang dengan gigi penuh plak meningkatkan kemungkinan risiko pneumonia atau gangguan pernapasan lain. Kondisi ini juga akan semakin buruk bila seseorang memiliki riwayat penyakit pernapasan. Bakteri pada saluran pernapasan dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien dan menimbulkan penyakit paru-paru kronis seperti emfisema.

Riwayat kesehatan gigi dan mulut akan sangat membantu untuk menjaga tubuh secara menyeluruh. Maka jangan asal mengkonsumsi obat untuk gigi dan berkunjunglah ke dokter secara rutin.

4. Alzheimer

Selain menyebabkan bau mulut, kuman pada mulut juga bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Bakteri Porphyromonas gingivalis (Pg) di mulut dapat menyebabkan infeksi gusi periodontitis kronis. Infeksi tersebutlah yang menjadi akar penyakit alzheimer. Alzheimer sendiri merupakan kondisi dimana seseorang mengalami penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, berbicara dan perubahan perilaku yang disebabkan gangguan otak. Jika mengidap Alzheimer dengan kondisi yang cukup parah, pengidap dapat mengalami halusinasi dan delusi

25-ini-3-penyakit-serius-akibat.jpg

25-ini-3-penyakit-serius-akibat.jpg

Agar terhindar dari penyakit kronis diatas maka jagalah kesehatan gigi dan mulut. Cara-cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menjaga pola gigi, sikat gigi secara teratur, kunjungi dokter secara rutin dan gunakan Mouthwash. Gunakan LISTERINE GUM CARE yang memiliki rasa lebih ringan untuk melawan kuman pada gusi atas dan bawah untuk nafas lebih segar tahan lama dan menjaga gusi tetap sehat. Dengan rasa Jahe Herbal + Mint, LISTERINE GUM CARE dapat mengurangi 99.9% kuman penyebab masalah gusi. LISTERINE GUM CARE menjaga gusi 3 kali lebih sehat jika digunakan secara teratur selama 6 bulan setelah menggosok gigi. Gunakan LISTERINE GUM CARE dan #RasakanBedanya

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/kesehatan-gigi-dan-mulut-penting/

https://lifestyle.bisnis.com/read/20190514/106/922174/bahaya-sakit-gigi-bisa-picu-penyakit-kronis

https://www.alodokter.com/perawatan-gigi-dan-gusi-yang-dapat-dilakukan-di-rumah

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/bakteri-di-mulut-yang-membahayakan-kesehatan/