Skip to main content

5 Kebiasaan Buruk yang Merugikan Mulutmu

Kamu Suka Minum Anggur (Putih)

Anggur merah dapat mengotori gigi, tapi tahukah kamu kalau anggur putih benar-benar dapat merusak gusi karena kandungan asamnya yang tinggi? Solusi mudahnya yaitu kamu harus berkumur dua kali sehari dengan mouthwash.

Kamu Suka Menggigit Kuku

Banyak dari kita yang melakukan kebiasaan buruk untuk mengurangi stres: mengetuk-ketukkan kaki, meremas-remas tangan. Jika kebiasaanmu adalah menggigit kuku, ketahuilah bahwa setiap kali kamu memasukkan tangan ke mulut dan mulai mengunyah, kamu telah mengundang segala macam kuman dan kotoran yang bersarang di bawah kuku masuk ke mulut.

Kamu Tidak Punya Waktu

Terlalu sibuk atau terlalu lelah bukan berarti harus mengabaikan perawatan mulut. Kita semua pasti pernah sesekali melewatkan rutinitas perawatan mulut. Namun, ternyata menggosok gigi, flossing dan berkumur jika tidak dilakukan secara teratur bisa membuat tartar menumpuk, yang akhirnya membuat gigi rusak.

Kamu Suka Menggunakan Tusuk Gigi

Kayu kecil ini jika digunakan dengan cara yang benar dapat membersihkan area di antara gigi. Sayangnya, tusuk gigi sering digunakan dengan cara yang salah sehingga merusak jaringan gusi. Untuk amannya, tetaplah pada kebiasaan menggosok gigi, flossing dan berkumur agar gusimu tetap sehat.

Kamu Suka Makan Buah Lemon

Lemon dan buah jeruk lainnya mengandung asam yang merusak jaringan gusi dan bisa mengiritasi mulut yang sudah rentan. Meskipun mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh dan berupa antimikroba alami yang membunuh bakteri, jenis buah ini hanya boleh dikonsumsi sesekali.