Skip to main content

Penyebab Paling Umum dari Penyakit Gusi (dan 7 Penyebab Tersembunyi Lainnya)

#1 Plak

Penyakit gusi ini paling sering disebabkan oleh plak, yaitu lapisan tebal berisi bakteri yang membentuk pada gusi dan gigi. Plak dapat dibersihkan dengan menggosok gigi, flossing dan berkumur setiap hari. Jika kamu termasuk dalam kategori ini, kamu tidak sendirian. Ada jutaan orang dewasa lainnya yang juga menderita penyakit gusi. Untungnya, penyakit gusi awal dapat dikembalikan. Jadi kinilah saatnya untuk melakukan beberapa kebiasaan sehat baru. Memeriksa gigi minimal enam bulan sekali juga penting.

#2 Merokok

Merokok mengganggu fungsi normal dari sel-sel jaringan gusi, membuat mulutmu lebih rentan terhadap infeksi, seperti penyakit gusi.

#3 Perubahan Hormon

Hormonmu bisa naik turun saat kamu hamil atau bahkan kadang-kadang selama siklus menstruasi bulanan. Ini membuat gusimu lebih rentan terkena penyakit. Sedang mengandung bukan berarti kamu pasti memiliki masalah dengan gusi atau gigi. Artinya kamu harus memberi perhatian ekstra pada mulut untuk menjaga kesehatannya selama kehamilan. Beberapa hal tak biasa yang dapat terjadi saat kamu hamil yaitu radang gusi teriritasi, bengkak, merah dan sedikit berdarah saat kamu menggosok gigi atau flossing (jika kamu mengalaminya, jangan khawatir. Biasanya gejala-gejala ini hilang setelah melahirkan).

#4 Obat

Obat bisa memiliki efek samping mengurangi produksi dan aliran air liur, membuat mulut kering sehingga bakteri dapat lebih mudah menyebar. Jika kamu khawatir tentang kondisi gusimu, bicarakan obat-obatan yang kamu gunakan pada dokter.

#5 Kekurangan Gizi

Mendapatkan semua vitamin setiap hari memang sulit, tapi jika kamu tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, gusimu bisa rusak. Pola makan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi namun kandungan air dan vitamin C yang rendah akan mengundang masalah gusi.

#6 Gigi Bengkok

Jika kamu memiliki gigi yang bertumpang-tindih, bengkok atau berputar, ini semua dapat menjadi tempat penyakit gusi berkembang. Itu karena ketidaksejajaran gigi yang membuat lebih banyak ruang di mana plak dapat menumpuk dan merusak gigi dan gusi. (Kiat: Beri perawatan ekstra dengan menggosok gigi dan flossing bagian-bagian ini.)

#7 Riwayat Keluarga

Beri tahukan dokter gigimu jika ada anggota keluargamu memiliki riwayat penyakit gusi. Risikomu mengembangkan infeksi bakteri menjadi sedikit lebih tinggi.