Skip to main content

5 Tanda Kamu Menderita Penyakit Gusi

Sedikit darah yang ada di wastafel saat kamu menggosok gigi atau flossing mungkin kelihannya biasa saja. Tapi ada alasan kenapa kamu harus memperhatikannya. Ini adalah tanda-tanda awal dari penyakit gusi yang masih dapat dikembalikan. Jika tidak diobati, penyakit gusi stadium ringan ini dapat berkembang ke stadium lanjut sehingga merusak permanen tulang dan jaringan yang menahan gigi. Perhatikan lima sinyal paling jelas yang diberikan oleh tubuhmu untuk menjaga mulut tetap sehat.

#1 Kamu Melihat Warna Merah

Merah itu artinya bahaya. Jadi masuk akal jika saat bercermin kamu melihat gusimu berwarna merah atau keunguan, tandanya gusimu mungkin sedang bermasalah. Gusi yang sehat akan kuat dan berwarna merah muda pucat Bakteri dapat menyebabkan radang gusi yang dikenal sebagai gingivitis, yaitu penyakit gusi stadium awal yang ringan, atau periodontitis, yaitu stadium akhir yang lebih serius dari penyakit ini.

#2 Gusimu Bengkak

Pada penyakit gusi stadium awal, gusi juga dapat membengkak karena meradang. Ini adalah pertanda bahwa kamu harus mulai mengikuti rutinitas perawatan mulut yang lebih solid.

#3 Ada Darah di Wastafel

Gejala lainnya yaitu ada darah ketika kamu meludah saat menggosok gigi dan/atau flossing di wastafel. Gusi yang mudah berdarah adalah sinyal dari penyakit gusi stadium awal.

#4 Gusimu Menjauh Dari Gigi

Jika gigimu terlihat lebih besar daripada biasanya, dan kamu juga melihat adanya resesi gusi atau gusi menjauh dari gigi, itulah tanda-tanda umum dari penyakit gusi awal, disebut periodontitis. Hal ini bukanlah bagian dari penuaan alami tubuh.

#5 Kamu Menderita Bau Mulut

Bau mulut, atau ada rasa yang sangat tidak enak di mulutmu juga bisa menandakan penyakit gusi stadium awal. Penumpukan plak di lidah biasanya adalah penyebab bau mulut.

Perubahan unik lainnya di mulut karena penyakit gusi misalnya gusi yang terasa lunak saat disentuh, ada jarak di antara gigimu, gigimu goyang dan/atau ada perubahan saat menggigit atau cara gigimu bertaut saat menggigit. Semua tanda ini jangan kamu abaikan. Jika segera ditangani, kamu masih bisa terhindar dari penyakit gusi lebih parah.