Skip to main content

Title

3 Cara Atasi Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

3-cara-atasi-sakit-gigi-image

Pernah tidak kamu merasakan gigi cenat-cenut sampai kepala kamu pusing? Atau, ketika lagi ngobrol santai, tahu-tahu area gigi tertentu terasa ngilu dan seperti ada aliran listrik yang menyengat sampai ke kepala? Kalau pernah, jangan-jangan gigi kamu berlubang, sobat!

Tapi apa sih yang dimaksud dengan gigi berlubang itu? Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi kamu memiliki lubang yang disebabkan oleh plak  yang menempel di gigi dan dibiarkan dalam waktu yang lama. Plak ini bisa bertumbuh atau berubah komposisinya seiring dengan berjalannya waktu. Jadi semakin menumpuk dan matangnya plak, maka tingkat keganasannya juga meningkat.

Plak yang tidak dihilangkan akan menimbun bakteri di gigi dan gusi, yang akan menghasilkan asam. Nah, asam inilah yang berperan merusak gigi dengan mengikis email sehingga gigi jadi lebih cepat keropos dan berlubang. Kalau dibiarkan lebih lama lagi, plak bisa menjadi racun yang menyebabkan gingivitis atau radang gusi.

Penyebab gigi berlubang lainnya adalah kurangnya mineral gigi atau flouride seseorang. Sedangkan fluoride ini adalah kandungan mineral yang mampu memberikan perlindungan lebih pada lapisan gigi agar tidak cepat keropos dan berlubang. Fluoride juga mampu melakukan remineralisasi pada gigi, yang bisa terkikis karena asam yang dihasilkan oleh plak.

Karena gigi berlubang ini sifatnya irreversible atau tidak bisa disembuhkan seperti sedia kala, kecuali ada tindakan menambal gigi atau diganti dengan gigi palsu untuk kasus yang berat, cara menangani gigi berlubang yang paling cepat adalah dengan konsultasi ke dokter gigi.

Tapi ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa sakit jika kamu belum sempat ke dokter. Ini dia 3 cara atasi sakit gigi berlubang secara alami!

1. Gunakan minyak cengkeh

Cengkeh dipercaya dapat mengatasi sakit yang disebabkan gigi berlubang. Kandungan zat antioksidan dan nutrisinya dapat meredakan nyeri sakit gigi dan membunuh kuman serat bakteri penyebab sakit gigi.

2. Rebusan daun jambu biji

Cara lainnya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun jambu biji yang sudah dicampur dengan garam. Daun jambu biji mengandung analgesik dan antimikroba yang berguna untuk mengurangi rasa sakit di gigi dan gusi.

3. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam juga dikenal sebagai cara atasi sakit gigi berlubang secara alami sejak lama. Kandungan Sodium yang tinggi bisa bantu basmi bakteri yang sebabkan gigi berlubang dan garam juga berguna sebagai antiseptic bagi mulut.

4. Kumur dengan mouthwash secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, betul? Jika gigi berlubangmu sudah disembuhkan, ada baiknya kalau kamu mulai melakukan beberapa pencegahan untuk terjadinya lagi gigi berlubang.

Selain menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, jangan lupa untuk memaksimalkan kebersihan mulut kamu dengan menggunakan mouthwash. LISTERINE® ANTISEPTIC MOUTHWASH bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Tahukah kamu kalau 54% orang yang mengalami masalah plak dan bau mulut itu  jarang menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi? Jadikan berkumur LISTERINE® Antiseptic Mouthwash sebagai rutinitas setelah sikat gigi. Kandungan Sodium Fluoride dan Zinc-nya dapat bantu perkuat gigi dan memerangi gigi berlubang.

Nah, sudah tahu, kan, cara atasi sakit gigi berlubang secara alami? Jangan lupa dipraktikan, ya!